29 April 2024 - 21:38 21:38

Kolaborasi Kemenperin dengan Komisi VII DPR RI, Dinas Kota Singkawang dan Kab. Bengkayang Kembangkan WUB IKM Kalimantan Barat

WARTAPENANEWS.COM – Salah satu program dalam upaya penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM di berbagai daerah di Indonesia adalah melalui bimbingan teknis produksi produk potensi daerah. Kegiatan merupakan bentuk sinergi antara Kementerian Perindustrian, DPR-RI, dan Dinas Kota/Kab. yang membidangi perindustrian untuk mendorong penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi baik daerah maupun nasional. Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang – Kalimantan Barat dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 4 – 7 September 2023 di Hotel Mahkota Singkawang, Kalimantan Barat yang diikuti oleh 200 peserta.

Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan, Kementerian Perindustrian, Ibu Ni Nyoman Ambareny mengatakan, “Program ini telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut dan untuk pelaksanaan di Kota Singkawang dan Kab. Bengkayang saat ini sendiri merupakan tahun pertama”. Kegiatan ini mendukung target Perkin Ditjen IKMA pada tahun 2023 untuk mencetak 8.800 Wirausaha Baru IKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Ibu Ni Nyoman Ambareny juga menyampaikan, “Kami akan support program Komisi VII DPR-RI dalam upaya mendorong pertumbuhan wirausaha baru IKM yang nantinya dapat dibina oleh pemerintah daerah”.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Maman Abdurrahman selaku AnggotKomisi VII DPR-RI. Dalam sambutannya, Bapak Maman Abdurrahman menyampaikan serta menghimbau kepada seluruh peserta bimbingan teknis dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memproduksi produk potensi daerah sehingga menjadi bekal dalam membangun IKM dengan memanfaatkan potensi daerah.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Singkawang, Bapak Drs. H. Muslimin. M. Si mengatakan, “Kota Singkawang memiliki potensi pertumbuhan wirausaha IKM pengolahan ikan serta komoditi lain yang mendukung pariwisata yang ada”. Hal ini mengingat Kota Singkawang merupakan wilayah pesisir laut dan perbukitan yang kaya akan hasil perikanan dan potensi pariwisata.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Bengkayang, Bapak DR. Yan, S.Sos, M.Si mengapresiasi kegiatan sinergi yang dilakukan dan akan menindaklanjuti dengan membina wirausaha baru IKM yang terbentuk di Kab. Bengkayang sehingga menciptakan wirausaha baru IKM yang dapat bersaing.

Kegiatan bimbingan teknis WUB IKM di Kota Singkawang terdiri dari 5 (lima) kegiatan, antara lain Bimbingan Teknis WUB IKM Keramik (Pelatihan Diversifikasi Produk Keramik, Bentuk dan Seni Lukis pada Keramik), Bimbingan WUB IKM Service AC (instalasi & Pembersihan), Bimbingan Teknis WUB IKM Bengkel Las, Bimbingan Teknis WUB IKM Olahan Pangan Frozen Food Berbasis Ikan dan Daging, Bimbingan Teknis WUB Kopi Barista. Kegiatan bimbingan teknis WUB IKM di Kab. Bengkayang terdiri dari 5 (lima) kegiatan, antara lain Bimbingan Teknis WUB IKM Anyaman (Kerajinan Anyaman Tikar Rotan), Bimbingan Teknis WUB IKM AC (Instalasi & Pembersihan), Bimbingan Teknis WUB IKM Bengkel Las, Bimbingan Teknis WUB IKM Olahan Pangan Frozen Food Berbasis Ikan dan Daging, Bimbingan Teknik WUB Kopi Barista. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03