29 April 2024 - 10:57 10:57

Kondisi Pandemi Tak Halangi KPK Berantas Korupsi

WartaPenaNews, Jakarta – Covid-19 berdampak pada hampir seluruh aktivitas masyarakat, termasuk upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Untuk itu, lembaga antirasuah akan menyesuaikan trisula strategi pemberantasan korupsi di tengah pandemi tersebut. Trisula strategi pemberantasan korupsi meliputi upaya Pencegahan, Penindakan, dan Pendidikan Antikorupsi.

“Melihat kasus positif Covid-19 yang masih relatif tinggi hampir di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali yang menimpa beberapa pegawai KPK, mengharuskan kami menyesuaikan kondisi tersebut,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dikutip dari indoposonline.id, Sabtu (31/7/2021).

Penyesuaian masa pandemi tersebut tak hanya mempertimbangkan kondisi internal melainkan juga kondisi eksternal KPK. “Karena upaya pemberantasan korupsi tentunya juga melibatkan pihak-pihak eksternal KPK,” jelasnya.

Sebagai wujud penyesuaian kondisi pandemi, KPK telah meminimalisasi mobilitas pegawai turun langsung ke lapangan. Sehingga program kegiatan sebagian besar telah beralih ke daring (online). “Meski dalam beberapa hal tetap butuh dilakukan temu fisik, sehingga pelaksanaannya pun tak jarang terkendala,” ujarnya.

Misalnya pada proses penyelidikan, penyidikan dan penuntutan suatu perkara, kata Ali, ada beberapa hal yang tetap butuh tim KPK turun langsung ke lapangan. “Misalnya, untuk menghimpun keterangan dan alat bukti,” imbuhnya.

Meski dalam situasi pandemi dan keterbatasan personel KPK ini, KPK pun memastikan pemberantasan korupsi tetap berjalan. KPK masih tetap melakukan rangkaian sidang dakwaan, tuntutan, dan putusan yang sebagian telah beralih melalui daring.

Selain itu, KPK juga tetap melakukan upaya-upaya penyelidikan dan penyidikan melalui case building guna mengungkap terangnya suatu perkara. “Pada waktunya, KPK akan sampaikan setiap perkembangannya kepada masyarakat,” tandas Ali. (ydh)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 06:12
PJU di Jalan Raya Juanda Depok Ditabrak Truk, Lalu Lintas Macet

WARTAPENANEWS.COM –  Sebuah truk bak berwarna merah menabrak tiang lampu penerangan jalan umum (PJU), di Jalan Raya Juanda mengarah ke Jalan Raya Bogor, Kota Depok, Jawa Barat pada Senin (29/4/2024)

01
|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

02
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

03