2 Februari 2023 - 15:00 15:00
728x90

Konsumsi Sayuran Allium Mampu Kurangi Risiko Kanker Kolorektal

WartaPenaNews, Jakarta – Kanker kolorektal adalah kanker usus besar atau dubur, yang terletak di ujung bawah saluran pencernaan. Ini adalah penyebab utama kedua dan ketiga dari kematian akibat kanker pada pria dan wanita.

Konsumsi sayuran allium seperti bawang putih, bawang perai, dan bawang merah bisa mengurangi risiko mengembangkan kanker kolorektal.

Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Onkologi Klinis Asia Pasifik menemukan bahwa kemungkinan kanker kolorektal adalah 79 persen lebih rendah pada orang dewasa yang mengonsumsi sayuran allium dalam jumlah tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya dalam jumlah rendah.

“Perlu dicatat bahwa dalam penelitian kami, tampaknya ada tren, dimana semakin besar konsumsi jumlah sayuran allium, maka akan semakin baik manfaat perlindungannya,” kata peneliti Zhi Li, seperti dilansir laman India Times, Minggu (17/3).

“Secara umum, temuan ini menjelaskan pencegahan utama kanker kolorektal melalui intervensi gaya hidup, yang layak untuk dieksplorasi lebih dalam,” pungkas Li.

Dalam studi tersebut, 833 pasien kanker kolorektal dibandingkan dengan 833 kontrol sehat berdasarkan usia, jenis kelamin dan daerah tempat tinggal.

Informasi demografis dan diet dikumpulkan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner frekuensi makanan yang divalidasi. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03