20 April 2024 - 18:56 18:56

Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Tembus 19 Ribu Jiwa

wartapenanews.com – Sebuah konvoi kecil pada Kamis (9/2/2023) melintas dari Turki ke wilayah Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak untuk memasok bantuan yang sangat dibutuhkan berupa obat-obatan, selimut, tenda dan perlengkapan penampungan PBB.

Itu adalah pasokan bantuan pertama yang mencapai daerah tersebut, tiga hari setelah gempa bumi dahsyat menewaskan ribuan orang, demikian laporan Associated Press yang dikutip Jumat (10/2/2023).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta lebih banyak bantuan untuk membantu upaya pemulihan. Ia juga mengatakan kepada wartawan bahwa Kepala Koordinator Kemanusiaan PBB Martin Griffiths sudah berada di Turki untuk menuju wilayah-wilayah terdampak akhir pekan ini, untuk menilai apa saja kebutuhan yang diperlukan di lapangan.

Sebelum konvoi enam truk itu melintas, satu-satunya muatan dari wilayah Bab al-Hawa yang melintasi perbatasan Turki-Suriah itu adalah jenazah-jenazah korban gempa bumi, yang merupakan para pengungsi Suriah yang melarikan diri dari perang di negara mereka dan menetap di Turki, namun tewas dalam gempa berkekuatan 7,8 magnitudo Senin (6/2/2023) lalu.

Mereka yang selamat menggendong jenazah orang terkasih mereka yang dibalut kain sambil terisak, sementara lainnya menunggu di sisi Suriah untuk menerima mereka.

Bahkan sebelum gempa bumi itu mengguncang kedua sisi perbatasan –di mana jumlah korban jiwa pada hari Kamis telah melampaui 19.000 jiwa– wilayah Suriah barat laut yang ditinggali 4,6 juta orang itu sudah mengalami kesengsaraan ekstrem, di mana banyak di antara para penduduk yang tinggal di kamp-kamp pengungsian dan bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup.

Guterres mengatakan, dana bantuan senilai US$25 juta telah dicairkan dan minggu depan permohonan yang lebih luas akan disampaikan untuk mendapatkan lebih banyak dana.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi wilayah-wilayah yang terdampak hari Kamis. Di antara wilayah yang dikunjungi Erdogan tersebut yaitu Osmaniye dan Gaziantep, ia bertemu dan berbincang dengan para pengungsi.

Erdogan, yang menghadapi pemilu Mei nanti, kembali berjanji kepada para pengungsi untuk membangun kembali rumah-rumah mereka yang rusak dalam kurun satu tahun.

Pemerintah tengah memasang rumah-rumah kontainer sementara serta karavan untuk menaungi para pengungsi, katanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03