6 May 2024 - 22:56 22:56

Korupsi Pengadaan Lahan di Munjul, KPK Periksa Wakil BPKD DKI

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa empat orang saksi terkait perkara dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, tahun 2019. Salah satu saksi yang diperiksa adalah Wakil Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, Lusiana Herawati.

Lusiana diperiksa selaku mantan Kabid Pembinaan Pengelolaan Keuangan Daerah BPKD DKI Jakarta tahun 2019. “Pemeriksaan dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Setia Budi, Jakarta,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Selain itu, KPK juga memeriksa Plh BP BUMD Periode 2019, Riyadi; Senior Manajer Divisi Pertanahan dan Hukum Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yadi Robby; dan satu orang pihak swasta, Darzenalia Azli.

Sayangnya, Ali belum menjelaskan lebih detil pemeriksaan pokok terhadap keempat orang saksi tersebut. Namun kuat dugaan para saksi mengetahui dugaan korupsi yang merugikan keuangan negara sebesar Rp152,5 miliar tersebut.

Sebelumnya, Direktur Penyidikan dan Eksekusi KPK Setyo Budianto juga mengungkap adanya sejumlah pejabat DKI yang turut diperiksa atas perkara pengadaan lahan oleh PD Pembangunan Sarana Jaya tahun 2019. Pejabat yang diperiksa di antaranya, ada Pelaksana Harian (Plh) Sekda DKI, pejabat BPKD dan Inspektorat.

“Ini merupakan upaya untuk menggali, menemukan untuk bisa perjelas perkaranya,” ungkap Setyo Budianto dalam konferensi pers di Gedung KPK, Rabu (2/6) malam.

KPK, menurutnya, juga tidak menutup kemungkinan akan memeriksa Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai saksi dalam perkara tersebut. Hanya pemeriksaan terhadap orang nomor satu di ibukota itu harus didasari dengan pemeriksaan saksi sebelumnya.

“Kita tidak akan serta merta melakukan panggilan terhadap seseorang siapapun itu tanpa ada dasar dari pemeriksaan-pemeriksaan (saksi) sebelumnya,” tandas Setyo.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka di antaranya, ada nama Dirut PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan, Direktur PT Adonara Propertindo (AP) Tommy Adrian, Wakil Direktur PT AP Anja Runtuwene dan PT AP sebagai tersangka korporasi. Hingga berita ini ditulis, KPK masih melakukan pengembangan lebih lanjut terkait perkara korupsi pengadaan lahan tersebut. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03