23 June 2024 - 14:43 14:43

KPHI: Negara Wajib Melindungi Keberadaan Haji Furoda

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) merekomendasikan kepada pemerintah untuk membuat regulasi tentang pengendalian jamaah haji non kuota atau Furoda.

Menurut Ketua KPHI Samidin Nashir, sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang sedang menunaikan ibadah di tanah suci Mekah, haji Furoda harus diperlakukan dengan WNI lainnya.

“Sebagai warga negara Indonesia (haji Furoda) wajib mendapatkan pelayanan dan perlindungan dari pemerintah RI,” kata Nashir kepada wartawan di kantor KPHI Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Selama ini, sambung Nashir, jamaah haji non kuota ini kerap kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah saat menunaikan ibadah haji.

Di tempat yang sama, Komisioner KPHI Agus Priyanto mengakui, selama ini pemerintah RI menganggap keberadaan haji Furoda ilegal. Namun sebaliknya, Kerajaan Arab Saudi justru menganggap keberadaan haji Furoda ini resmi.

Kerajaan Arab Saudi setiap tahun selalu mengeluarkan visa haji untuk lembaga atau perorangan yang mereka undang. Biasanya mereka dikenal dengan Furoda. “Pemerintah Arab Saudi menganggap semua yang menggunakan visa haji itu legal. Sementara kita masih bersikukuh menganggap itu di luar kuota,” kata Agus.

Meski tidak tahu secara pasti berapa jumlah kuota haji Furoda, Agus mengatakan, setiap tahun haji undangan dari kerajaan ini selalu menunjukan tren kenaikan.

Sementara Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Abdurrahman Muhammad Fachir mengatakan, tahun ini Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan visa haji untuk 1400 undangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Jamaah haji yang mendapat undangan resmi dari Kerajaan  Arab Saudi  biasanya mendapat tempat khusus dan bahkan difasilitasi oleh pemerintah Arab Saudi. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
23 June 2024 - 09:25
Sharp Semarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 Hadirkan Promo Menarik

WARTAPENANEWS.COM – Sharp kembali ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024 yang akan berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 12 Juni – 14 Juli 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Menempati area

01
|
22 June 2024 - 12:05
Kominfo Belum Bisa Pulihkan Usai 55 Jam Server PDN Eror

WARTAPENANEWS.COM –  Server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo masih mengalami gangguan hingga Sabtu (22/6) pukul 11.00 WIB. Gangguan server ini pertama kali diketahui pada Kamis (20/6) pukul 04.00 WIB yang

02
|
22 June 2024 - 11:16
Usai Pandemi, Bisnis Sepeda Lesu hingga Banting Harga

WARTAPENANEWS.COM – Bisnis sepeda usai era pandemi Covid-19 kini lesu. Seperti dialami toko-toko sepeda di berbagai penjuru AS yang menghadapi kesulitan setelah penjualan yang marak pada awal pandemi lalu. Menurut

03