20 April 2024 - 16:36 16:36

KPK Terus Perdalam Kasus Dugaan Korupsi di Angkasa Pura

KPK Terus Perdalam Kasus Dugaan Korupsi di Angkasa Pura

Jakarta, WartaPenaNews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan Baggage Handling System (BHS) pada PT Angkasa Pura Propertindo (APP) yang dilaksanakan oleh PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti) tahun 2019.

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi tindak pidana korupsi terkait dengan pengadaan pekerjaan Baggage Handling System (BHS) PT Angkasa Pura Propertindo yang dilaksanakan oleh PT Inti tahun 2019,” kata Plh Kepala Biro Humas KPK, Chrystelina GS di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Menurut Chrystelina, Lies diperiksa penyidik sebagai saksi dengan tersangka Darman Mappangara (DMP).

Selain itu, penyidik juga memanggil dari unsur wiraswasta, Sujono sebagai saksi. Penyidik akan menggali pengetahuan keduanya dalam kasus tindak pidana korupsi tersebut.

Penyidik telah memeriksa Manager of Engineering & Construction at PT Angkasa Pura Propertindo, Harno Hutama dan Direktur Utama (Dirut) PT Berlian Kreasi Aneka Teknik, Darmawan Harijanto.

Keduanya diperiksa penyidik KPK guna mengkonfirmasi pengetahuan para saksi terkait dengan dugaan pemberian dana oleh tersangka DMP sebagai Dirut PT Inti.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Darman sebagai tersangka baru kasus suap proyek BHS pada PT Angkasa Pura Propetindo (APP) yang dilaksanakan oleh PT Inti

KPK menduga Darman memerintahkan staf PT Inti, Taswin Nur untuk memberikan sejumlah uang kepada Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II, Andra Y Agussalam dengan tujuan agar dapat mengarahkan PT APP menunjuk langsung PT Inti sebagai penggarap proyek BHS dengan nilai proyek sebesar Rp86 miliar.

Tak hanya itu, Andra juga diduga mengarahkan Direktur PT Angkasa Pura Propertindo, Wisnu Raharjo untuk mempercepat penandatanganan kontrak antara PT APP dan PT Inti. Hal itu dilakukan agar DP segera cair, sehingga PT Inti bisa menggunakannya sebagai modal awal. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03