18 April 2024 - 07:59 7:59

KPU Dalami Temuan Ribuan Kotak Suara yang Rusak

WartaPenaNews, Jakarta – Ribuan kotak suara di Kota Cirebon ditemukan rusak. Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat pun langsung merespon temuan tersebut. Namun, laporan yang disampaikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tersebut masih perlu didalami.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman menuturkan, pihaknya masih menunggu laporan resmi dari KPU Kabupaten Cirebon. Sebab, untuk kerusakan kotak suara atau perlengkapan lainnya harus ada laporan terperinci.

“Tunggu dulu laporan resminya, kondisinya seperti apa, kamu yang merusak atau alam yang merusak. Itu kan harus diketahui dulu semua detailnya. Lalu bagaimana kita menindaklanjuti,” kata Arief, Senin (11/2).

Menurutnya, selama ini KPU pusat sudah memberikan standar operasional untuk menyimpan dan merakit semua logistik Pemilu. Hal ini termasuk panduan kotak suara. Namun, jika terjadi bencana alam maka tidak bisa dielakan.

’’Kalau ada bencana alam banjir, gempa bumi, emang kamu bisa menghindar? Kan tidak. Kalau ada itu ya diganti, Anda tahu berapa yang dicetak oleh KPU? 4 juta lebih. Kalau seribu itu ya bisa kita ditangani,” ujarnya.

Dia memastikan lembaganya telah mengantisipasi semua kerusakan tersebut. Meskipun waktu pencoblosan hanya tinggal dua bulan. Bahkan, dia pun menyinggung kejadian tersebut pernah dialami juga pada Pilpres 2014 lalu.

“Pas 2014 itu dua hari sebelum pemungutan suara ada gudang KPU kabupaten terbakar. Terus kita mau apa, terus gimana? Ya kita ganti,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Barat Ali Eifqi Mubarok mengatakan, sebagian besar surat suara Pemilu Legislatif 2019 secara keseluruhan masih dalam tahap produksi dan akan disalurkan secara bertahap oleh KPU RI, dimulai dari surat suara calon legislator DPR RI, provinsi, kabupaten/kota serta dewan perwakilan daerah (DPD).

Rifqi menjelaskan, saat ini seluruh kotak dan bilik suara itu telah berada di KPU kabupaten kota. Proses penyalurannya dilakukan pada 2018 lalu. Sedangkan untuk sampul dan formulir serta alat kelengkapan TPS tiba di KPU Jawa Barat pada Februari 2019. Seluruh sampul dan formulir serta alat kelengkapan TPS tersebut langsung disalurkan ke seluruh KPU kabupaten kota.

“Bahkan untuk kotak dan bilik suara sudah dilakukan pengesetan di KPU kabupaten kota,” ujar Rifqi.

Rifqi menjamin seluruh logistik Pemilu 2019 tersebut dalam kondisi baik terutama untuk kotak dan bilik suara. Rifqi menyanggah adanya kotak dan bilik suara yang mengalami kerusakan. Namun yang terjadi, ungkap Rifqi, berkurangnya kualitas kotak dan bilik suara. Hal itu diakibatkan kondisi dan cara penyimpanan yang salah di gudang.

“Jadi tidak rusak tapi yang awalnya kotak dan bilik suara dari kertas duplek ini salah cara menyimpannya sehingga lembab. Yang awalnya keras menjadi lembek dan jangka waktu pemakaiannya jadi berkurang dari waktu yang diperkirakan,” tutur Rifqi. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03