29 March 2024 - 21:52 21:52

Kriteria Bahan Alami yang Mampu Menangkal Virus Corona

WartaPenaNews, Jakarta – Hingga saat ini, vaksin untuk virus corona atau COVID-19 masih belum ditemukan. Para ilmuwan di seluruh dunia pun masih bekerja keras untuk menemukan obat untuk virus yang berasal dari China ini.

Di Indonesia sendiri, berbagai bahan yang berasal dari alam turut diuji coba, karena diketahui memiliki banyak kandungan, seperti antivirus, anti inflamasi hingga anti mikroba, yang mampu menjaga imunitas, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah virus corona.

Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., bahkan menyebut sebagian bahan alam bisa berfungsi sebagai penangkal virus, meski tidak secara langsung. Bagaimana caranya?

“Yaitu dengan cara menghambat pembelahan atau replikasi dari virus itu sendiri. Sebagian bahan-bahan alam itu bersifat imunomodulator yang dapat meningkatkan kemampuan imun sistem,” ujarnya saat webinar bersama PT Kalbe Farma Tbk, di Youtube Klik Dokter, Rabu 13 Mei 2020.

Sedangkan dalam konteks untuk penanganan COVID-19, Widodo mengatakan kita bisa memilih bahan-bahan alam yang memiliki sifat antivirus. Lalu, seperti apa kriterianya?

“Mungkin direct antivirus, itu yang pertama. Yang kedua adalah bahan alam yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Saya kira itu dua kunci penting jika ingin memilih bahan alam untuk konsumsi penangkal virus,” lanjut dia.

Baca Juga: Gara-gara Mohamed Salah, Mahrez Gagal ke Liverpool

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, untuk memilih bahan alami, terlebih dahulu kita harus memahami mekanisme patogenitas virus corona ini.

“Corona masuk melalui S2, ini salah satu bagian terpenting. Sehingga kalo kita bisa menemukan herbal yang bisa menghambat masuknya ini, salah satu yang bisa kita pilih juga. Begitu virus masuk ke dalam sel, maka ada enzim yang disebut dengan polimerase, nah ini juga kunci yang kedua,” kata dia.

Jadi, kunci kedua, jika kita bisa memilih herbal-herbal yang bisa menghambat enzim polimerase dan protease. Menurut Widodo, bahan alami tersebut akan cocok dan bisa dipakai untuk menangkal virus corona.

“Di samping itu yang saya kira, salah satu efek dari corona adalah menyebabkan badai sitokin. Ini sebenarnya inflamasi. Kalau kita bisa memilih herbal-herbal yang fungsinya sebagai anti inflamasi, juga akan menjadi sangat bagus,” tuturnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03