7 May 2024 - 11:19 11:19

KSPI Dukung Aksi Aliansi Serikat BUMN

Jakarta, WartaPenaNews – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendukung penuh aksi yang akan dilakukan Aliansi Bekerja BUMN di Kementerian Negara BUMN pada hari Kamis tanggal, 27 Februari 2020. Dukungan ini disampaikan secara langsung oleh Presiden KSPI Said Iqbal.

Aksi tersebut rencananya akan diikuti 10 ribu pekerja BUMN. Aliansi Pekerja BUMN sendiri dibentuk untuk menyikapi maraknya penyalahgunaan kewenangan yang merugikan keuangan Negara, pemberangusan serikat pekerja (union busting), PHK sepihak, penerapan sistem kerja kontrak dan outsourcing yang tidak sesuai undang-undang dan masih banyak lagi pelanggaran-pelanggaran di perusahaan BUMN.

“KSPI mendukung aksi ini, dan meminta Pemerintah khususnya Menteri BUMN untuk bersungguh-sungguh memenuhi tuntutan para pekerja,” ujar Said Iqbal dalam siaran persnya, Kamis (27/2/2020).

Sebagai perusahaan milik negara, lanjut Iqbal, BUMN seharusnya menjadi contoh atau teladan bagi perusahaan swasta dalam hal membangun hubungan industrial.

“Maraknya pelanggaran di BUMN membuktikan lemahnya penegakan hukum. Dan jika di BUMN saja tidak menghargai hak-hak buruh, bagaimana dengan di perusahaan-perusahaan swasta? Tentu nasibnya akan lebih buruk lagi,” tegasnya.

Terpisah, Koordinator Aliansi Pekerja BUMN Mirah Sumirat mengatakan, tuntutan dalam aksi kali ini adalah bersihkan dan benahi BUMN dan anak/cucu/cicit perusahaam BUMN dengan Mengganti Direksi dan Komisaris yang melakukan penyalahgunaan kewenangan yang merugikan keuangan Negara, kriminalisasi, mutasi dan PHK pengurus serikat pekerja, melakukan PHK massal, dan menerapkan praktik outsourcing dan pekerja kontrak yang melanggar undang undang. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03