19 April 2024 - 13:57 13:57

Kurang Tidur, Ini 5 Tips untuk Mengatasinya

WartaPenaNews, Jakarta – Buat para pekerja di dunia entertainment, kurang tidur dan mesti kembali beraktivitas waktu pagi hari yakni hal biasa. Dapat tetapi, tahukah Anda jika kebiasaan itu bisa menyusahkan Anda untuk berkonsentrasi.

Seperti yang sudah diketahui, kurang tidur dapat membahayakan situasi fisik dan jiwa, contohnya saja Anda jadi persoalan berkonsentrasi waktu pagi hari.

Satu analisa membuktikan hal tersebut. Sama seperti dilansir dari Live Science, para periset meminta para peserta disarankan untuk begadang. Sewaktu pagi harinya disuruh mengategorikan gambar, mereka mengalami persoalan.

Dari sana, ditemukan bawa juga telah terjadi penurunan guna sel saraf dan transmisi otak. Mengakibatkan, Anda berubah menjadi sulit konsentrasi dan berkonsentrasi.

Ada perihal yang bikin Anda mesti tetap terbangun saat malam hari dan tidak dapat dibiarkan. Contohnya saja, menidurkan bayi yang baru lahir atau merampungkan pekerjaan yang dikejar deadline.

Apabila kondisi memaksa Anda begadang, terdapat sejumlah cara yang dapat Anda coba untuk kembalikan konsentrasi Anda waktu pagi harinya, diantaranya:

1. Minuman berkafein

Minum cafein saat malam hari memang dapat bikin Anda kurang tidur karena terbangun semalaman. Akan tetapi, minuman mengandung cafein waktu pagi hari setelah kurang tidur dapat berfaedah kembalikan konsentrasi.

Akan tetapi, tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan supaya Anda sungguh-sungguh mendapatkan gunanya.

Anda dapat mengawali hari dengan minum 1 cangkir kopi untuk menambah guna otak Anda. Seperti yang diambil dari Jeffrey Durmer, MD, cafein memang dapat menambah kesiagaan dan konsentrasi, tetapi dalam batas yang lumrah dan kadang-kadang saja.

Hindarkan mengonsumsi cafein lebih dari jam 4 sore. Masalah ini dikarenakan resiko cafein dapat bikin Anda terbangun semalaman dan bikin Anda kembali lagi kurang tidur.

2. Minum air putih yang banyak

Tidak cuman minuman berkafein, untuk kembalikan konsentrasi Anda karena kurang tidur, konsumsi cairan harian mesti tetap dipenuhi.

Apabila Anda jarang minum, jantung akan persoalan untuk memompa darah yang menyalurkan oksigen dan nutrisi ke otak. Mengakibatkan, otak jadi kekurangan oksigen dan menyebabkan Anda susah berpikir jernih.

Masih minum air putih yang banyak buat jaga daya konsentrasi sekalinya Anda mengantuk. Apabila merasakan malas bolak-balik isi gelas, isilah air di wadah besar saat Anda mengawali hari dan letakkan di jangkauan Anda. Dengan demikian, Anda tak memiliki alasan untuk malas.

3. Teratur melakukan olahraga

Satu diantara cara kembalikan konsentrasi karena kurang tidur yakni melakukan olahraga. Olahraga di kantor bisa Anda kerjakan tanpa mesti meninggalkan meja, contohnya saja dengan kontraksi punggung atau push-up di meja.

Kesibukan fisik yang mudah bisa menunjang menambah potensi ingatan dan konsentrasi.

4. Berjemur dibawah cahaya matahari

Cahaya matahari pagi ternyata memiliki fungsi untuk memberikan isyarat pada otak jika hari sudah pagi sampai Anda mesti konsentrasi dan terbangun.

Sebenanrnya, tidak cuma cahaya matahari, semua jenis sinar bisa memerlambat produksi melatonin, hormon yang bikin Anda mengantuk waktu malam hari. Dengan demikian, otak akan menyuruh Anda untuk bangun dan tidak mengantuk.

Semestinya berjemurlah dibawah cahaya matahari pagi selama 10 menit pada jam 7-9. Tidak cuman bisa kembalikan konsentrasi karena kurang tidur, aktivitas ini pula bsa mengurangi depresi.

5. Tidur selama 20-30 menit

Apabila Anda sudah tidak kuasa untuk membendung kantuk yang menakjubkan, coba untuk tidur sekejap selama 20-30 menit. Masalah ini dilakukan untuk isi kembali daya badan dan pikiran Anda walau cuma sesaat.

Usahakan untuk tidak tidur lebih dari 30 menit supaya Anda tidak lebih tambah mengantuk saat terjaga.

Secara prinsip, cara untuk kembalikan konsentrasi karena kurang tidur yaitu dengan mendapatkan mutu tidur yang baik. Oleh karena itu, usahakan untuk bisa tidur selama 7-10 jam supaya mutu tidur Anda lebih baik.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03