3 Februari 2023 - 14:20 14:20

Kurangi Begadang Mulai Sekarang, Jika Tidak…

WartaPenaNews, Jakarta – Dokter spesialis saraf RS Adi Husada Kapasari Suliman Purwoko mengingatkan bahaya begadang yang sering dilakukan masyarakat. Salah satunya penyebab penyakit meningitis. Suliman mengatakan, meningitis adalah penyakit radang selaput otak. Radang tersebut, lanjut dia, menyerang selaput yang dinamakan meningen.

Selaput itu adalah lapisan pembungkus otak yang bisa ditembus kuman, virus, atau bakteri. “Ketika berhasil ditembus, terjadi infeksi,” ujar dokter lulusan Universitas Airlangga itu.

Infeksi yang berlangsung cepat mengakibatkan bagian otak kehilangan sebagian fungsi. Salah satunya kesadaran. Seseorang yang terkena meningitis biasanya mengalami gejala pusing hebat. Gejala itu kemudian diikuti menurunnya kesadaran.

“Orang kena meningitis itu makin lama makin ngelantur. Hingga anggota tubuhnya mengalami kekakuan,” lanjutnya. Dalam kasus tertinggi, penyakit meningitis bisa mengakibatkan kematian.

Dia menambahkan, penyakit meningitis bisa dipicu kurangnya istirahat. Jam istirahat yang kurang jelas berpengaruh pada daya tahan tubuh yang dikawal sel darah putih. “Sel darah putih ada dua. Yang sifatnya prajurit (langsung membunuh) dan seperti tank (menembakkan peluru),” ujarnya.

Bila kedua sel darah putih tidak terproduksi dengan baik, kemungkinan daya tahan tubuh tertembus patogen semakin tinggi. “Makanya kurang-kurangi begadang. Tubuh seharusnya istirahat. Jangan dipaksa terus,” ujarnya.

Karena itu, dia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai meningitis. “Lebih baik mencegah,” katanya. Masyarakat, lanjut dia, harus sering mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Boleh apa saja, yang penting steril. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03