20 April 2024 - 10:38 10:38

KY Terima Laporan, Kuat Ma’ruf Tuding Hakim Wahyu Langgar Etik

wartapenanews.com – Komisi Yudisial (KY) membenarkan telah menerima laporan yang diajukan terdakwa perkara pembunuhan Brigadir J yakni Kuat Ma’ruf, terhadap hakim pada Pengadilan Negeri (PN) Jaksel, Wahyu Iman Santoso, selaku ketua majelis hakim yang mengadili perkara tersebut. Jubir KY Miko Susanto Ginting menyebut laporan tersebut sedang dalam tahap verifikasi.

“Kita akan verifikasi dulu laporannya, apakah memenuhi syarat atau tidak untuk ditindaklanjuti. Yang pasti, Komisi Yudisial akan memeriksa laporan ini secara objektif,” kata Miko, di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Dia menekankan pelaporan terhadap Wahyu tidak mengganggu jalannya persidangan, dan KY mencermati proses persidangan yang telah bergulir sejak Oktober 2022 yang lalu untuk memastikan ada atau tidaknya pelanggaran perilaku hakim. “Jadi, penanganan laporan ini tidak akan mengganggu jalannya persidangan,” ujarnya.

Penasehat hukum terdakwa Kuat Ma’ruf, Irwan Irawan meyatakan laporan dilayangkan kepada Wahyu lantaran menyampaikan pernyataan yang tendensius sewaktu mengadili perkara yang turut menjerat Ferdy Sambo dan istri, Putri Candrawathi. Pernyataan yang dimaksud terkait tudingan Wahyu yang menyebut kliennya berbohong dan menyentil saksi yang dianggap telah diseting untuk menyampaikan keterangan.

“Terkait dengan pelanggaran kode etik saat memimpin sidang. Banyak pernyataan Ketua majelis yang sangat tendensius saat pemeriksaan saksi-saksi,” tutur Irwan.

“Bahwa klien kami berbohong lah, kemudian ada beberapa ketika saksi diperiksa bahwa ini sudah setingan dan sebagainya,” ujarnya.

Kendati demikian, Irwan yang juga masuk ke dalam lawfirm Hanis dan Hanis, atau kantor pengacara yang membela Ferdy Sambo dan Putri menegaskan bahwa laporan hanya dilayangkan dari kuasa terdakwa Kuat Ma’ruf. “Hanya kuasa Kuat yang melaporkan,” ujarnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03