10 May 2024 - 21:40 21:40

Laboratorium di Yogya Bisa Tes Corona dan Hasilnya Cuma Sehari Selesai

WartaPenaNews, Jakarta – Kementerian Kesehatan menetapkan 12 laboratorium rujukan untuk menguji spesimen pasien yang dicurigai terinfeksi virus corona. Satu di antaranya adalah Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Juru Bicara Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, mengungkapkan bahwa Dinas Kesehatan telah berkoordinasi dan mengecek kesiapan BBTKLPP Yogyakarta sebagai laboratorium rujukan. Balai itu pun sudah siap. “Akan ada pernyataan ‘siap’ dari Kepala BBTKLPP Yogyakarta,” ujar Berty, Selasa malam, 17 Maret 2020.

Mengenai penunjukkan BBTKLPP Yogyakarta sebagai laboratorium rujukan, Kepala Bidang Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, menyambut baik keputusan itu.

Banu berharap penetapan beberapa laboratorium rujukan ini bisa mempermudah dan memotong waktu pengujian sampel dari pasien sehingga hasil laboratorium dari pasien yang memiliki gejala virus corona bisa segera diketahui.

Baca Juga: ShopBack Dapat Suntikan Dana Rp 1,09 Triliun Dari Temasek

“Harapan sehari bisa langsung jadi hasil labnya. Sebetulnya diusahakan 1×24 jam harusnya sudah keluar hasilnya,” katanya.

Banu menambahkan RSUP Dr Sardjito tak meragukan kredibilitas BBTKLPP Yogyakarta. Banu menilai BBTKLPP Yogyakarta juga pernah ditunjuk Kemenkes RI sebagai laboratorium rujukan saat avian influenza atau flu burung dan SARS mewabah beberapa waktu lalu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
10 May 2024 - 12:34
Di Pilgub Jatim, Khofifah Ingin Berpasangan Lagi dengan Emil Dardak

WARTAPENANEWS.COM – PAN menyatakan kesiapannya mendukung penuh Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024. Khofifah ingin kembali maju Pilgub Jatim berpasangan dengan wakilnya, Emil Elestianto Dardak atau Emil

01
|
10 May 2024 - 11:13
Polisi Selidiki Terkait Wanita di Kebayoran Baru Jadi Korban Begal Payudara

WARTAPENANEWS.COM –  Aksi begal payudara terjadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/5) malam. Peristiwa itu terekam CCTV dan viral di sosial media. Dalam video yang beredar, terlihat

02
|
10 May 2024 - 10:51
Pedangdut Senior Jhonny Iskandar Tutup Usia

WARTAPENANEWS.COM – Pedangdut senior Jhonny Iskandar meninggal dunia di usia 63 tahun, pada Jumat (10/5/2024). Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Dewi, salah satu keponakan sang pedangdut. "Iya, Jhonny Iskandar sudah

03