6 May 2024 - 19:29 19:29

Lagi, Prajurit TNI Tewas Ditembak KKB Papua

IPOL.ID – Seorang prajurit TNI tewas setelah ditembak oleh kelompok criminal bersenjata (KKB) Papua pada Jumat (19/5/2023), menjadikan total sembilan tentara pemerintah yang tewas di Papua tahun ini.

Kepala Penerangan Daerah Militer Cenderawasih Kolonel Herman Taryaman menyampaikan tentara yang disebut sebagai Praka JL tewas oleh kelompok pimpinan Numbuk Telenggen di Distrik Ilaga, Kapubaten Puncak, Papua Tengah.

“Benar telah terjadi penembakan oleh gerombolan KST Pimpinan Numbuk Telenggen yang menyebabkan prajurit tersebut meninggal dunia,” kata Herman.

Herman menyatakan jenazah korban telah dievakuasi menuju Rumah Sakit Umum Daerah Ilaga dan selanjutnya akan dibawa ke Kabupaten Mimika.

Dia juga menyampaikan aparat keamanan yang berada di Ilaga, saat ini dalam kondisi Siaga I guna mengantisipasi serangan susulan.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Mathius Fakhiri menginformasikan Praka JL tewas dalam kontak senjata di kawasan PT Matra Tunggal Teknik di Ilaga sekitar pukul 12.00 WIT.

“Memang benar ada laporan prajurit TNI tewas ditembak KKB di Kabupaten Puncak, saat kontak tembak dengan KKB,” kata dia di Jayapura. KKB atau Kelompok Kriminal Bersenjata, adalah salah satu sebutan yang digunakan oleh aparat terhadap pejuang separatis bersenjata Papua.

Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Sebby Sambom hingga saat ini belum memberi komentar.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan Panglima TNI Yudo Margono menyampaikan rasa duka cita atas tewasnya prajurit di Papua.

“Semoga Tuhan memberikan tempat terindah di sisiNya. TNI sedang melakukan pengejaran terhadap kelompok  ini, dan prajurit di lokasi melaksanakan Siaga 1,” ujar Julius kepada BenarNews.

Julius mengatakan kelompok Talenggen adalah bagian dari TPNPB.

“Benar dia bagian dari TPNPB-OPM (Organisasi Papua Merdeka), meski beda kelompok dengan Egianus Kogoya yang menculik pilot Susi Air,” terang Julius.

TPNPB membakar pesawat komersial Susi Air pada 7 Februari lalu di Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, dan menawan pilotnya yang berkewarganegaraan Selandia Baru, Philip Mehrtens, hingga saat ini.

Direktur Yayasan Keadilan dan Keutuhan Manusia, sebuah lembaga hak asasi manusia (HAM) di Papua, Theo Hesegem, mengatakan Talenggen merupakan salah satu komandan operasi TPNPB-OPM di Puncak. “Jadi hampir semua operasi di Kabupaten Puncak, dia komandannya. Dia punya kedudukan yang lebih tinggi dari yang lain,” kata Theo.

Theo meminta pemerintah Indonesia mengadakan evaluasi total terkait pengiriman pasukan di Papua. Menurut dia, banyaknya para prajurit yang tewas karena mereka tidak menguasai medan.

“Saya yakin anggota yang dikirim dari Jakarta ke Papua itu anggota yang tidak mengenal situasi dan kondisi daerah, semuanya anak-anak muda. Mereka mengalami kesulitan dengan medan yang sangat sulit,” jelas Theo.

Alasan lain untuk perlunya melakukan evaluasi karena terbukti ada oknum TNI yang menjual amunisi illegal di Papua. “Konflik di Papua telah jadi lahan bisnis,” terang Theo.

Yudo Margono pada April lalu mengatakan ada 27 kasus penjualan ilegal oleh personel TNI Angkatan Darat tahun 2022, melonjak 270 persen dari 2021, di Kodam Cenderawasih, yang membawahi enam provinsi di Papua.

Dengan tambahan terbaru prajurit TNI yang gugur, total sejauh ini sembilan anggota TNI tewas di Papua oleh TPNPB. Dengan rincian lima prajurit gugur dalam misi penyelamatan pilot Susi Air akibat baku tembak pada 15 April Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Lalu, seorang personel atas nama Sertu Robertus Simbolon tewas oleh TPNPB di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, 9 April.

Sebelumnya, kelompok separatis menyerang pos TNI Angkatan Darat di Distrik Yal, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan dan menewaskan Prajurit Satu Hamdan pada 3 April.

Selain itu, pada 25 Maret, TPNPB juga menyerang dan menewaskan dua aparat keamanan yang tengah mengamankan salat tarawih di sebuah masjid di Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Pegunungan. Petugas TNI yang gugur adalah Sersan Dua Riswar. Belum diketahui jelas berapa korban di pihak KKB pada tahun ini. (benarnews.org/timur)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03