5 May 2024 - 15:19 15:19

Langkah Anies Selesaikan Konflik di Papua

WARTAPENANEWS.COM –  Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyoroti konflik-konflik yang terjadi di Papua. Anies akan menyelesaikan masalah Papua menggunakan pendekatan dan pengalamannya selama ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Pendekatan yang kami lakukan di dalam konflik-konflik yang ada di Jakarta, dan pendekatan itu juga Insya Allah kami lakukan kalau ada konflik apapun di luar,” kata Anies di kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

Mantan Mendikbud itu membagikan pengalamannya saat menyelesaikan masalah kampung-kampung di ibu kota. Dirinya mencontohkan di Jakarta Timur, ada sebuah kampung yang didatangi aparat, namun disambut warga pakai parang.

“Di Jakarta ini ketika kami mulai bertugas itu banyak kampung-kampung yang statusnya konflik dan rumit konfliknya, bahkan ada tempat yang aparat kita saja itu memberi tahu ‘Pak Gubernur jangan ke sana’ karena kalau aparat kami datang itu disambutnya dengan parang. Jadi mungkin itu tidak menonjol di media, tapi itu terasa sekali di Jakarta Timur,” ungkapnya.

Anies lantas datang ke kampung tersebut, bertemu dengan warga untuk menawarkan jalan keluar dengan cara pendekatan kolaborasi.

“Jadi punya kewenangan jangan merasa paling tahu jalan keluarnya, punya kewenangan bukan berarti punya pengetahuan, tapi duduk dan panggil,” terangnya.

Kemudian, Anies menawarkan empat cara untuk penyelesaian konflik di Papua. Keempat cara itu adalah, pemerintah perlu mengidentifikasi tokoh-tokoh utama dari pihak-pihak yang berkonflik, melibatkan pakar yang memiliki contoh-contoh komparatif atas solusi, negara harus sebagai partisipan bukan menjadi fasilitator, dan terakhir harus juga disiapkan fasilitator percakapan yang menjembatani pihak-pihak yang berkonflik.

“Jadi kan kita-kita semua nggak bisa berpikir outside the box, karena kita udah bosan dengan urusan ini. Begitu kita mendatangkan orang yang dia bisa bilang, ini contoh solusi di Mexico, itu contoh solusi di Afrika, mendadak kita itu punya menu pilihan solusi yang lebih banyak,” jelas Anies.

“Jadi stake holdernya, comparative expert-nya, kemudian negara. Lalu di situ ada namanya fasilitator yang memfasilitasi tiga pihak ini untuk berunding mencari jalan bersama. Dan ketika mengatakan masalah di Papua, maka masalahnya itu jangan dianggap satu di semua tempat,” tambahnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03