7 Februari 2023 - 08:13 8:13

LBH Jakarta Kecewa Atas Sikap OJK Terhadap 1.330 Korban Pinjol

WartaPenaNews, Jakarta-Lembaga Bantuan Hukum Jakarta mengaku kecewa dengan sikap Otoritas Jasa Keuangan dalam menanggapi pengaduan 1.330 korban pinjaman online di sepanjang bulan November 2018.

Menurut pengacara LBH Jakarta Jeanny Silvia Sari Sirait, sikap OJK sama sekali tidak menunjukan sebagai mediator, tapi justru memilih bersikap layaknya perwakilan penyelanggara aplikasi pinjaman online.

Pada pertemuan LBH Jakarta selaku perwakilan para korban pinjaman online, pihak OJK menegaskan bahwa 14 pelanggaran hukum dan hak asasi manusia yang korban alami tidak akan terjadi jika korban tidak wanprestasi dalam memenuhi tanggung jawabnya melunasi pinjaman yang ia miliki.

“Sikap ini tentu saja tidak mencerminkan sikap sebuah institusi negara yang memiliki tanggung jawab memberikan perlindungan hukum dan hak asasi manusia bagi warga negaranya,” kata Jeanny dalam keterangannya di Jakarta, Senin (17/12/2018).

Selain itu, pada pertemuan tersebut, LBH Jakarta mempertanyakan sikap OJK terhadap aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar dan nasib korban pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK.

Hal ini dipertanyakan mengingat OJK memiliki tanggung jawab sebagaimana marwah keberadaannya yang diatur dalam Pasal 6 Undang-undang Nomor 21 tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni OJK bertanggung jawab terhadap seluruh Layanan Jasa Keuangan.

Namun pertanyaan LBH Jakarta itu justru didijawab oleh OJK dengan meminta data nama aplikasi pinjaman online terdaftar di OJK dan data korban pengaduan pinjaman online terdaftar yang diadukan kepada LBH Jakarta.

“Ini membuat LBH Jakarta mengurungkan niat menyerahkan seluruh data tersebut. LBH Jakarta menilai bahwa OJK tidak memiliki sikap yang tegas dalam menjalankan tanggung jawab dan marwah keberadaanya, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang,” jelas Jeanny.

“Selain itu, sambung Jeanny, LBH Jakarta juga belum menanyakan kepada korban apakah mereka bersedia data mereka diserahkan kepada OJK. (robi)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03