4 May 2024 - 18:58 18:58

Legenda Kota Batu Malang dan Kulinernya

WartaPenaNews, Jakarta – Ditengah-tengah kegiatan rutin kalian, sudah direncanakan belum sich liburan tahun ini? Jika belum, ada satu kota yang benar-benar direferensikan untuk berlibur yaitu Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Kenapa kota ini oke untuk berlibur? Disana hawanya sejuk karena tempatnya berada di dataran tinggi. Benar-benar pas untuk melepas capek dari hiruk pikuk kegiatan sehari-hari yang menyesakkan dada.

Diluar itu, disana ada beberapa sekali object wisata yang dapat didatangi. Dari mulai air terjun, pegunungan, sampai taman wisata yang benar-benar asik. Tahukah kalian, menurut legenda, wilayah Batu merupakan tempat peristirahatan untuk keluarga raja. Batu memiliki udara yang benar-benar sejuk dan memiliki pemandangan alam yang menarik. Ini karena wilayah Batu dikelilingi oleh enam buah gunung.

Di Batu, ada beberapa sumber mata air alami yang mengalir dari pegunungan. Wilayah Batu sudah bertransformasi jadi satu diantara arah wisata beberapa orang Belanda di awal era ke-19. Pada saat itu, wilayah ini terkenal dengan panggilan De Klein Switzerland atau Swiss kecil di Pulau Jawa.

Asal-usul nama Batu sendiri menurut kisah lokal yang berasal dari seorang nama ulama penganut Pangeran Diponegoro yakni Abu Ghonaim atau disebutkan sebagai Kiai Gubug Angin, yang selanjutnya warga ditempat akrab memangilnya Mbah Wastu. Untuk menyingkat penyebutannya, warga seringkali memanggilnya dengan panggilan Mbah Tu, yang selanjutnya jadi panggilan Mbatu.

Wilayah wisata Kota Batu Malang ini ada di ketinggian 680 meter sampai 1200 mdpl. Karena itu tak bingung jika suhu di sekitarnya dapat mencapai 15 sampai 19 derajat celcius. Akses jalan ke arah Kota Wisata Batu ini juga terbilang cukup mudah. Itu karena kawasan wisata Kota Batu Malang ini banyak disukai golongan pencinta perjalanan sebagai satu diantara tempat berlibur terfavorit di Jawa Timur.

Ada satu diantara kuliner legendaris Kota Batu yang hits sekali di golongan anak muda. Ditambah lagi jika bukan Pos Ketan Legenda. Telah membuka sejak tahun 1967. Ketan di sini dapat benar-benar enak karena yang diambil ialah ketan berjenis impor dari negara Thailand lalu di rendam semalaman dan ditambahkan garam. Esok harinya, baru ketan dikukus selama satu jam dan diproses.

Ketan hangat ini diberi beragam variasi rasa seperti durian, ayam pedas, meses, keju, nangka, pisang, susu, vla, gula merah, susu kedelai dan lain-lain. Membuka sampai jam 2 pagi, tidak bingung banyak anak muda yang kesana untuk kuliner malam. Tidak hanya Pos Ketan Legenda, ada banyak kuliner legendaris Kota Batu yang dapat kalian coba. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03