3 May 2024 - 21:45 21:45

Lereng Gunung Merbabu Kebakaran, Pemadaman Dilakukan dengan Metode Tradisional

WARTAPENANEWS.COM –  Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM), Jumat (27/10/2023). Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Peristiwa kebakaran terjadi sekita pukul 10.00 WIB. Titik api masuk wilayah Dusun Sokowolu Desa Tajuk, Kecamatan, Getasan,” kata Kapolsek Getasan Iptu Ari Parwanto pada Sabtu (28/10/2023)

Ari mengatakan, para relawan dan warga sekitar serta personil TNI-Polri langsung turun ke lapangan untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Api baru padam sekitar pukul 17.00 WIB.

Dia menjelaskan, selama proses pemadaman petugas beserta relawan dan warga sekitar melakukan penyisiran sejauh kurang lebih 5 KM dari jalan arah Dusun Ngaduman.

“Lahan lereng Gunung Merbabu sebagian besar berhasil dipadamkan oleh tim gabungan sekira pukul 17.00 WIB. Sampai sekarang, tim gabungan masih bersiaga di sekitar Dusun Gedong maupun Dusun Sokowolu,” katanya

Ari menyebutkan, untuk lahan yang terbakar merupakan hutan pinus, bukan lahan produktif milik warga. Kemudian, titik api masih jauh dengan pemukiman warga, namun tim gabungan tetap bersiaga.

Dugaan sementara, penyebab kebakaran Karena gesekan ranting pohon pinus, ditambah cuaca cukup panas disertai angin kencang mempercepat meluasnya titik api di area kebakaran.

“Adapun luas lahan yang terbakar kami belum bisa memastikan dan akan berkoordinasi dengan petugas Taman Nasional Gunung Merbabu,” jelasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03