28 March 2024 - 19:28 19:28

Listrik Padam di Inggris Belum Ditemukan Indikasi Sabotase

WartaPenaNews, Jakarta – Inggris terkena pemadaman listrik massal tiba-tiba seperti yang menerpa Jakarta 4 Agustus 2019 lalu. Service rumah sakit, lapangan terbang, kereta api dan jalan raya terusik karena putusnya listrik di pelosok Inggris dan Wales ini hari.

Insiden tak terduga ini dikarenakan oleh matinya dua generator yang menyebabkan Jaringan Listrik Nasional (National Grid) tidak berperan. Ibu Kota Inggris, London, terkena efeknya. Begitupun, dibagian Tenggara (South East) Inggris, Midlands, Barat Daya (South West), Yorkshire, Timur Laut (North East), Cornwall dan Wales.

“Ini ialah insiden mengagumkan dan tak terduga. Matinya dua generator yang terhubung ke skema transmisi Inggris Raya menyebabkan turunnya frekwensi skema kelistrikan. Insiden ini di luar kuasa kami.” kata National Grid.

Seputar 1 juta orang terkena efek pemadaman listrik yang terjadi sekitar jam 17.00 waktu ditempat. Listrik mati selama dua jam.

RS Ipswich kehilangan listrik selama 30 menit karena generator cadangan tidak menyala. Service kereta mengalami masalah dan keterlambatan, sementara lampu lalu lintas mati. Seputar 300 ribu rumah dan usaha di London dan Tenggara Inggris terimbas. Western Power Distribution mengatakan sekitar 500 ribu orang di Midlands, Barat Daya Inggris, dan Wales terimbas, tetapi listrik kembali menyala sekitar jam 18.00 sore. Northern Powergrid yang layani Yorkshire dan Timur Laut Inggris mengatakan 110 ribu orang terimbas, dan 26 ribu masyarakat di Barat Laut Inggris terputus listriknya.

Walau listrik dapat dipulihkan dalam tempo dua jam, tetapi tumpukan penumpang kereta sudah telanjur terjadi dan antrean berjalan sampai malam hari. Polisi Transportasi Inggris dikerahkan untuk menolong menertibkan kerumunan penumpang.

Kaos terjadi di jalan raya. Matinya lampu lalu lintas menyebabkan kemacetan. Signal internet dan telephone hilang. Alarm mendadak menyala di rumah-rumah dan pertokoan. Penumpang kereta terpaksa dievakuasi padahal stasiun paling dekat masih jauh. Kondisi ini diperparah dengan hujan dan angin kencang yang menempa Inggris. Lapangan terbang Luton bahkan sampai kebanjiran.

Faksi yang berkuasa mengatakan selama ini belum menemukan tanda-tanda sabotase atau serangan siber. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03