28 April 2024 - 18:18 18:18

Long March Dimulai, Jalan MH Thamrin Lumpuh Diblokade Ratusan Pedemo

Long March Dimulai, Jalan MH Thamrin Lumpuh Diblokade Ratusan Pedemo

WartaPenaNews, Jakarta – Ratusan massa aksi demo dari berbagai elemen seperti buruh, mahasiswa, pelajar, dan aliansi jurnalis tumpah di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Mereka menggelar aksi long march atau jalan jauh dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju depan Istana Merdeka.

Akibatnya, akses lalu lintas dari Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin menuju kawasan Jalan Medan Merdeka lumpuh.

Pantauan wartawan di lokasi, Senin (28/10/2019) pukul 15.20 WIB, polisi merekayasa lalu lintas dengan memasukkan kendaraan bermotor ke busway atau jalur Transjakarta.

Sebagai informasi, aksi massa ini sudah dilakukan sejak pukul 13.00 WIB dan akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB sesuai aturan kebebasan berpendapat dan berdemokrasi.

Rencananya long march akan dilakukan hingga Taman Pandang Istana, tepat di seberang Istana Merdeka.

Kendati demikian, sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat yakni dari Bundaran Patung Kuda hingga Taman Pandang Istana sudah disterilkan kepolisian dengan kawat berduri.

Artinya, massa akan terhenti hanya sampai Patung Kuda tepat di depan Kantor Kementerian Pariwisata.

Mahasiswa UI Kembali ke Jalan

Puluhan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ikut bergabung dalam aksi demonstrasi di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Pantauan di lokasi pukul 15.50 WIB, mahasiwa UI datang dipimpin langsung oleh Ketua BEM UI, Manik Marganamahendra.

Manik bersama puluhan mahasiswa beralmamater kuning lainnya langsung masuk ke dalam barisan ratusan massa aksi yang tergabung dari berbagai elemen, mulai dari buruh, pelajar, dan aliansi jurnalis.

“Kepada mahasiswa UI yang baru tiba langsung perwakilannya untuk berkordinasi,” ujar seorang korlap aksi di atas mobil komando di lokasi, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).

Selanjutnya, Manik langsung mengajak lima rekanannya untuk melakukan rapat kecil di bawah mobil komando sebelum melakukan aksi long march yang rencananya menuju kawasan Isatana Negara Jakarta.

Untuk pengamanan, pihak Polda Metro Jaya mengatakan telah menyiapkan 9.000 anggota gabungan TNI-Polri untuk memgamankan jalannya aksi demonstrasi mahasiswa.

“Ya benar telah kami siapkan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03