20 April 2024 - 00:16 0:16

LPSK Cabut Perlindungan Richard Eliezer

wartapenanews.com – Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu kini tak lagi mendapatkan perlindungan melekat secara fisik dari petugas LPSK. Dia dinilai telah melanggar perjanjian perlindungan yang ditandatanganinya dengan LPSK.

Penghentian perlindungan fisik ini direspons oleh kuasa hukum Eliezer, Ronny Talapessy. Dia menyayangkan keputusan LPSK. Sebab, dia mengeklaim seluruh perizinan telah terpenuhi.

Di sisi lain, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan juga sudah buka suara terkait dengan perizinan wawancara. Termasuk pihak Kompas TV yang melakukan wawancara.

Berikut sejumlah hal yang perlu diketahui terkait penghentian perlindungan fisik terhadap Eliezer:
LPSK Hentikan Perlindungan Fisik ke Eliezer
LPSK menghentikan perlindungan terhadap Eliezer. Pengumuman disampaikan dalam konferensi pers pada Jumat (10/3) kemarin.

“Menghentikan perlindungan terhadap RE (Eliezer),” kata Tenaga Ahli LPSK Syahrial Martanto.
Penghentian perlindungan ini karena Eliezer melakukan wawancara dengan Kompas TV tanpa persetujuan dari LPSK. Diduga wawancara tersebut dinilai berisiko.

LPSK menyatakan, telah melakukan perlindungan sejak 15 Agustus 2022. Namun demikian, hanya perlindungan fisik saja yang dicabut, bukan justice collaborator (JC)-nya. Hak-hak JC lain terhadap Eliezer, masih diberikan.

“Penghentian perlindungan itu yang bersifatnya fisik. Penghentian perlindungan fisik ini tidak mengurangi penghargaan dalam JC,” kata pihak Syahrial. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03