27 April 2024 - 22:21 22:21

Madinah Semakin Hijau Usai Dihujani

WARTAPENANEWS.COM –  Arab Saudi semakin hijau, setidaknya bisa dilihat di Madinah. Di wilayah yang terkenal dengan ikon Masjid Nabawi atau Masjid Nabi ini, pemandangan hijau melonjak tiga kali lipat.

Pemandangan hijau ini berasal dari tutupan vegetasi yang melonjak sebesar 360%. Pemicunya adalah meningkatnya curah hujan yang menyebabkan vegetasi bertumbuh dengan rimbun.

Pusat Nasional Pengembangan Vegetasi dan Pemberantasan Penggurunan (NCVC) di Arab Saudi mengungkapkan, peningkatan tutupan vegetasi di wilayah Madinah ini tercatat selama lima bulan terakhir tahun 2023, dari Agustus hingga Desember.

Mengutip Saudi Gazette, Senin (15/1), analisis data penginderaan jauh menunjukkan bahwa total tutupan vegetasi di Madinah mencapai 2.863,4 kilometer persegi pada Agustus 2023, yang mencakup 1,9% dari total luas wilayah tersebut.

Wilayah tutupan vegetasi ini secara bertahap meluas seiring dengan peningkatan curah hujan, mencapai 13.194,5 kilometer persegi pada akhir Desember 2023, mencakup 8,7% dari total wilayah.

Vegetasinya tersebar luas di sebagian besar provinsi di wilayah Madinah, khususnya terkonsentrasi di daerah pegunungan dengan ketinggian antara 1.000 hingga 1.300 meter di wilayah barat, dan di daerah semi datar di timur karena karakteristik tanah.

Tutupan vegetasi terutama terletak di sebelah timur Kegubernuran AlUla dan Al-Hinakiyah, di utara Yanbu, Khaybar, dan Badr, di sebelah barat Madinah dan Mahd Al-Dhahab, dan terpusat di Kegubernuran Wadi Al-Far’a.

Pusat Nasional Pengembangan Vegetasi dan Pemberantasan Penggurunan (NCVC) fokus mempelajari dan memantau tutupan vegetasi, mengawasi perubahan di lokasi proyek penghijauan, memantau tutupan lahan dan perubahannya, mengukur curah hujan dan kepadatan vegetasi, serta menilai kesehatan tanaman.

Mereka juga melindungi lokasi tutupan vegetasi di Arab Saudi, mempelajari semua variabel di ruang hijau, mengembangkan kemampuan untuk bersiap menghadapi dan memitigasi kekeringan, sebagai bagian dari inisiatif Program Transformasi Nasional untuk mencapai Visi Saudi 2030.

“Hal ini sejalan dengan komitmen Arab Saudi untuk mengurangi dampak penggurunan dan kekeringan, serta mengawasi lahan padang rumput, hutan, dan taman nasional untuk pemanfaatan berkelanjutan,” ungkapnya.

Tak cuma di Madinah, di wilayah Makkah, pemandangan hijau kini semakin luas  juga akibat hujan yang mengguyur sepanjang 2023.

Selain berkah hujan, Arab Saudi juga berusaha mengurangi kawasan gurunnya dengan melakukan penghijauan lewat program Prakarsa Hijau Saudi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03