7 May 2024 - 11:42 11:42

Mahasiswi Kaltim Nilai Pemindahan Ibu Kota Bakal Berdampak Positif

WartaPenaNews, Jakarta - Jadwal perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kalimantan timur) terus memunculkan tanggapan dari semua golongan. Tidak kecuali pada mahasiswa asal Kalimantan timur yang sedang penempuh studi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Rahma Nur Wida, yang sekarang mengenyam pendidikan di Universitas Hasyim Asyari itu mengatakan, sebagai penduduk asli Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan timur tentu saja perpindahan ibu kota itu ada efek positif dan negatifnya.

“Ya tentunya ada yang membuat suka ada yang membuat tidak seneng. Aku kurang siap dengan kondisi yang akan penuh polusi atau macet, dan jarak yg lama-lama dan jauh untuk ke arah satu wilayah ke wilayah lain,” tuturnya pada TIMES Indonesia Jumat (30/8/2019).

Contohnya, lanjut ia, kecepatan dalam tempuh perjalanan yang biasanya cepat, tetapi karena ada perpindahan ibu kota, akan berbenturan dengan adanya banyak kendaraan yang setiap tahun akan bertambah.

“Dari kecamatan aku ke arah ke kecamatan calon ibu kota yakni di Samboja untuk saat ini butuh tempuh 2 jam itu dengan kecepatan 60-80, itu masih satu kabupaten. Bagaimana kelak saat ibu kota pindah, jumlahnya kendaraan makin banyak, pasti jalanan makin macet,” jelasnya.

Tetapi disamping positifnya, katanya, karena perpindahan ke Kalimantan timur itu dalam berpotensi pada bidang perekonomian. “Kalimantan timur sendiri sudah cukup maju, dua kota (samarinda dan balikpapan) ini saling memiliki lapangan terbang, pelabuhan, pusat perusahaan. Jadi tingkat perkembangan ibu kota kelak akan cepat,” katanya.

Mahasiswi yang lain, yaitu Uswatun khasanah, masyarakat Sepinggan, Balikpapan. Kaltin memiliki pendapat akan berefek positif dan negatif. Misalnya katanya, efek positif fasilitas prasarana dapat makin baik di bumi Kalimantan.

“Sebab kebanyakan rumah dan infrastruktur yang ada (Kalimantan timur) tidak sebagus yg berada di Jakarta dan kota besar yang lain. Mungkin saja warga pedalaman akan lebih mendapatkan perhatian dari pemerintah, hingga pendidikan yang ada bisa terselenggara secara baik,” tuturnya.

Bagian negatifnya, jika ibukota pindah ke Kalimantan timur, perkembangan penduduk akan makin cepat. Di kuatirkan, hutan-hutan di Kalimantan tersulap jadi tempat tandus yg penuh dengan industri.

“Beberapa orang akan bersama-sama pindah ke kalimantan untuk cari peluang hidup semakin besar. Beberapa pendatang akan cari tempat mukim, dan beli tempat lahan kosong yang ada hingga makin lama tanah akan memiliki harga yang menggila (tinggi),” katanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03