4 May 2024 - 10:36 10:36

Mahfud MD Belum Cek Dugaan Ekspor Nikel Ilegal ke China

IPOL.ID – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku belum mendapat informasi terkait dengan dugaan ekspor ilegal bijih nikel ke China. Diketahui, temuan tersebut tengah diselidiki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya tidak mengikuti, saya harus baca beritanya dulu baru bisa berkomentar,” kata Mahfud saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Jumat (23/6).

Sebelumnya, KPK mengklaim telah menemukan dugaan ekspor nikel ilegal dari Indonesia ke China periode Januari 2020 – Juni 2022. Ekspor tersebut terjadi di tengah larangan ekspor nikel sejak 1 Januari 2020 oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Catatan KPK, ada lebih dari 5 juta ton lebih ore nikel yang diduga diekspor secara ilegal. Dugaan tersebut kini tengah didalami lebih lanjut.

“Januari 2020 sampai dengan Juni 2022. Sumber website Bea Cukai Tiongkok,” ungkap Kasatgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK, Dian Patria kepada wartawan, Jumat (23/6).

Namun demikian, data yang didalami dari Bea Cukai Tiongkok tidak menyebutkan info lebih detail soal daerah yang menjadi sumber ekspor. Namun kuat dugaan ekspor tersebut asalnya dari daerah Indonesia bagian timur.

“Mestinya berasal dari lumbung ore nikel Sulawesi dan Malut (Maluku Utara),” kata Dian.(Yudha Krastawan)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

01
|
4 May 2024 - 09:13
Warga Palestina di Rafah Akan Dipindah ke Pantai Gaza

WARTAPENANEWS.COM – Israel berencana untuk memindahkan warga Palestina keluar dari Rafah dan ke sebidang tanah kecil tepatnya di sepanjang pantai Gaza. Rencana ini akan dilakukan menjelang invasi Israel ke Rafah.

02
|
4 May 2024 - 08:28
Sungai Cibereum Meluap, 126 Rumah di Serang Banten Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Sebanyak 126 rumah di Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Provinsi Banten terendam banjir, pada Jumat 3 Mei 2024. Peristiwa itu dipicu oleh meluapnya aliran Sungai Cibereum. Kepala BPBD Banten,

03