29 April 2024 - 09:08 9:08

Mahfud Sebut Perbedaan Korupsi di Era Orde Baru dan Era Reformasi

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD enggan meralat pernyataannya bahwa korupsi setelah zaman reformasi lebih luas dari pada zaman orde baru.

“Saya tidak akan meralat, karena kenyataannya sekarang ini korupsi jauh lebih gila dari zaman orde baru. Saya tidak katakan semakin besar jumlahnya, (tapi) meluas,” ujar Mahfud dalam dialog Politik, Hukum dan Keamanan di Kampus UGM, Yogyakarta, Sabtu (5/6/2021).

Mahfud menyampaikan bahwa korupsi setelah zaman reformasi lebih luas dari era orde baru pada 2017 lalu. Saat itu, ia belum menjabat sebagai menteri pada Kabinet Indonesia Maju. Namun belakangan ini pernyataan tersebut kembali viral di media sosial.

Mahfud membedakan korupsi pada zaman reformasi lebih parah dari zaman orde baru bukan tanpa alasan. Pada zaman orde baru korupsi dibangun melalui korporatisme. Sedangkan zaman reformasi korupsi melalui kebebasan atas nama demokrasi.

“Mari kita ingat zaman Pak Harto, KKN memang banyak luar biasa, tapi dulu enggak ada korupsi dilakukan oleh DPR. Sekarang lihat, DPR, Mahkamah Agung, Kepala Daerah dan DPRD semuanya korupsi sendiri-sendiri. Karena apa, atas nama demokrasi,” singgungnya.

Selain itu, perbedaaan lainnya dari kedua zaman tersebut adalah terkait korupsi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Dulu, Pak Harto buat APBN tidak pernah ada yang mempersoalkan?. Sekarang APBN belum jadi sudah dikorupsi,” tambah Mahfud. (ydh)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03