29 March 2024 - 07:25 7:25

Mahkamah Syar’iyah Aceh Usulkan Dibangun Penjara Bagi Pelanggar Syariat Islam

WartaPenaNews, Aceh – Mahkamah Syar’iyah Aceh mengusulkan agar dibangun penjara khusus bagi pelanggar syariat Islam. Selama ini para pelanggar ditempatkan di lapas umum sebelum dieksekusi cambuk.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, Rosmawardani mengatakan, penjara khusus tersebut agar napi pelanggar syariat islam tidak berbaur dengan narapidana kasus narkoba dan kasus lainnya.

Ia menjelaskan dalam Qanun Jinayat nomor 6 Tahun 2014 juga sudah disebutkan soal lembaga penahanan khusus itu.

“Dalam qanun sudah dijelaskan harus ada lembaga penahanan khusus untuk pelanggar syariat Islam, agar tidak bercampur dengan tahanan kasus narkoba dan lainnya,” kata Rosmawardani saat menghadiri rapat kerja terkait aturan hukum dan penegakan hukum kepada pelaku kekerasan seksual di DPR Aceh, Senin, 19 Oktober 2020.

Pihaknya juga sudah pernah mengusulkan terkait itu ke DPR RI dan Kemenkumham. Namun belum ada jawaban pasti. Kini, pihaknya kembali menyampaikan pentingnya tahanan khusus itu ke DPR Aceh dan Pemerintah.

“Masalah penjara, saya sudah pernah sampaikan. Kini kita memohon ke DPRA dan Pemerintah Aceh agar segera dibangun,” katanya.

Ketua Komisi I DPRA yang membidangi hukum politik dan pemerintahan Muhammad Yunus mengatakan, pihaknya mendukung adanya penjara khusus bagi pelanggar syariat Islam. Usulan itu juga sudah disampaikan Komisi I ke Dinas Syariat Islam dan Pemerintah Aceh.

“Kita sudah usulkan juga. Kita kan berlaku hukum syariat Islam, penjaranya pun harus ada yang khusus. Kami memohon agar terealisasi itu (penjara khusus), kita sudah usulkan ke Dinas Syariat Islam dan eksekutif,” ujarnya.

Selama ini terpidana pelanggar syariat Islam dititipkan ke lapas dan berbaur dengan napi lain. Menurut Yunus, hal itu tidak efektif. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 07:11
Rumah Kontrakan di Jatinegara Terbakar akibat Kompor Meledak

WARTAPENANEWS.COM - Sebuah rumah kontrakan seluas 3x10 meter di Jatinegara, terbakar saat Kamis sore ini (28/3/2024) menjelang waktu berbuka puasa. Rumah kontrakan tersebut terbakar lantaran penghuni rumah tengah memasak nasi,

01
|
29 March 2024 - 06:31
Oplos Pertalite Jadi Pertamax, Manajer-Pengelola SPBU Ditangkap Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Polisi mengungkap tindakan curang yang dilakukan di empat SPBU di Jakarta Barat, Kota Tangerang, dan Depok. SPBU itu mengoplos pertalite sehingga tampilannya seperti pertamax. Lalu dijual dengan harga

02
|
29 March 2024 - 06:10
16 Lintas Udara di Belgorod Hancur Usai Diserang Pertahanan Udara Rusia

WARTAPENANEWS.COM - Unit pertahanan udara Rusia pada Rabu (27/3/2024) menjatuhkan 16 sasaran lintas udara di sekitar kota Belgorod di Rusia selatan, tanpa ada korban luka yang dilaporkan di darat. Gubernur

03