20 April 2024 - 02:55 2:55

Malang Raya Jadi Percontohan Transisi Menuju Fase New Normal

WartaPenaNews, Jakarta – Wilayah Malang Raya, yang terdiri dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang, dianggap sukses dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk pengendalian wabah virus corona. Kini ketiga daerah itu memasuki masa transisi menuju tatanan kehidupan normal yang baru alias new normal selama tujuh hari sejak 31 Mei hingga 6 Juni.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menaruh perhatian khusus kepada Malang Raya dan berharap Malang Raya menjadi percontohan daerah lain dalam menerapkan aturan selama masa transisi new normal. Bahkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung rapat koordinasi masa transisi di kota Malang, Minggu, 31 Mei 2020.

“Kita masih transisi, dan memang kita menjadi pilot project. Kemarin saya ditelepon [pemerintah] pusat, bahwa sebenarnya panduannya dari pusat belum ada, sampai protap keamanan belum ada. Ini adalah improvisasi, dan bagaimana kita masih tetap berpegangan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang isolasi kesehatan—itu kita improve,” kata Wali Kota Malang Sutiaji.

Kota Malang dalam menerapkan masa transisi new normal belum bisa lepas sepenuhnya dari aturan-aturan selama PSBB. Seperti keberadaan pos cek poin di perbatasan Kota Malang masih dimaksimakan untuk mengadang kendaraan luar kota masuk menuju kawasan Malang.

“Tetap, kita pengetatan, khawatir ada gelombang kedua. Memang kita mampu bertahan kemarin: PDP turun, flat untuk yang positif, tapi nanti kalau kita longgar, nanti akan terjadi ledakan,” katanya.

Pemerintah Jawa Timur telah menjadikan Pasar Oro-oro Dowo di Kota Malang sebagai pasar percontohan di Jawa Timur dalam masa pandemi Covid-19. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono menganggap masyarakat Malang cukup tertib selama PSBB. Pasar itu menjadi percontohan dalam menghadapi fase baru kehidupan normal.

“Walau masa PSBB berakhir, para pedagang di pasar juga masih menggunakan sistem buka ganjil genap. Memang Malang Raya ini saat PSBB tergolong siap. Maka hanya butuh satu putaran PSBB dan kini siap menuju new normal,” ujar Heru.

Dalam kunjungan ke pasar-pasar di Kota Malang, petugas Pemerintah Provinsi Jawa Timur membagikan sejumlah alat pelindung diri kepada pengunjung pasar maupun pedagang. Di antaranya, seribu masker, 2.000 pasang sarung tangan, 350 botol hand sanitizer, 500 buah face shield, 5 liter sabun cair, dan 4 buah wastafel. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03