6 May 2024 - 18:35 18:35

Malioboro Dipadati Para Wisatawan

WartaPenaNews, Yogyakarta – Wisatawan di kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami peningkatan jumlah di libur peringatan Isra Miraj, Kamis 11 Maret 2021. Berdasarkan pantauan, wisatawan terlihat memadati kawasan Malioboro sejak Kamis sore.

Menanggapi lonjakan wisatawan ini, anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Rini Hapsari pun angkat bicara. Dia menilai jika kedatangan wisatawan ini membawa berkah pada pedagang kaki lima (PKL), tukang parkir maupun pelaku usaha lain di Malioboro.

“Alhamdulillah, saya lihat tadi Malioboro ramai. Tentunya senang ya, di satu sisi, karena teman-teman PKL, restoran, hotel dan pelaku pariwisata pasti bersyukur, karena para wisatawan berdatangan,” kata Rini, Kamis, 11 Maret 2021.

Meski demikian, Rini menilai protokol kesehatan (prokes)bagi wisatawan yang masuk ke Malioboro harus tetap diterapkan. Rini juga menjabarkan bahwa dalam pengawasan prokes pada wisatawan, apabila hanya dilakukan oleh Jogoboro (petugas penjaga Malioboro) dan Satpol PP akan kewalahan.

Politisi Partai Demokrat ini menuturkan dari pengamatannya di Malioboro masih ditemukan sejumlah wisatawan yang tak memakai masker. Guna mengantisipasi kondisi tersebut, Rini menyarankan ke Pemkot Yogyakarta agar melibatkan semua pihak di Malioboro termasuk PKL hingga juru parkir.

“Kalau pedagang lihat begitu di Malioboro, ya tanyakan, ‘maskernya mana?’. Kalau mau beli tidak pakai masker, jangan diterima. Saling menjaga lah. Makanya, libatkan pedagang untuk ikut serta mendisiplinkan protokol kesehatan,” ungkap Rini.

Dia meminta Pemkot Yogyakarta aktuf turun tangan yang salah satunya membekali pedagang dengan masker.

“Masker itu kemudian dikasihkan ke setiap pengunjung yang belum pakai masker. Jadi, pengawasan prokes bisa tetap dijalankan,” tutur Rini. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03