7 Februari 2023 - 08:27 8:27

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Apa Saja?

WartaPenaNews, Jakarta – Siapa yang tidak suka buah sirsak? Rasanya memang sedikit asam, dagingnya kenyal, tapi sangat menyegarkan.

Namun di balik rasa asam, buah sirsak memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan. Sirsak telah dipercaya puluhan tahun untuk mengobati berbagai penyakit dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh manusia.

Berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dilansir laman Prevention, Rabu (9/1).

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Karena sirsak merupakan sumber serat yang sangat baik dengan 7,4 gram per cangkir, menurut USDA, maka sirsak bisa membantu mengatasi konstipasi dan mengurangi peradangan.

Makanan tinggi serat, seperti sirsak juga bisa memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga Anda terhindar dari mengidam. Sirsak juga bisa membantu melawan penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat.

2. Bisa mendukung sistem kekebalan
Sirsak juga kaya akan vitamin C. Dalam satu cangkir sirsak, Anda akan mendapatkan setidaknya 46 miligram vitamin C. Vitamin yang kuat ini sangat penting untuk segalanya, mulai dari mengurangi keriput hingga meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam diet Anda bisa membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa vitamin C tidak berpengaruh banyak untuk mencegah pilek, studi tahun 2018 dari BioMed Research International menunjukkan bahwa vitamin C bisa membantu mempersingkat flu biasa.

3. Bisa membantu menstabilkan tekanan darah
Ada 626 miligram potasium dalam secangkir sirsak dan 47 miligram zat besi. Karena kalium dan natrium saling bergandengan tangan, kadar kalium rendah sering berarti sodium tinggi, yang berarti tekanan darah tinggi.

Kalium berfungsi untuk menyaring hal-hal buruk dari tubuh Anda, termasuk kelebihan garam. Kalium juga membantu pembuluh darah Anda rileks yang memungkinkan sirkulasi yang lebih baik. Sementara beberapa pasien kanker beralih ke suplemen herbal untuk meredakan gejala-gejala tertentu, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum Anda memperkenalkan sesuatu yang baru ke dalam diet dan rencana perawatan Anda.

Suplemen sirsak bukan pengganti obat yang digunakan untuk mengobati kanker dan mereka juga bisa berinteraksi dengan obat lain yang sudah Anda minum. Dan meskipun penelitian awal menunjukkan sirsak mungkin memiliki sifat melawan kanker, tidak ada yang bahkan mendekati definitif. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03