20 April 2024 - 06:27 6:27

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Apa Saja?

WartaPenaNews, Jakarta – Siapa yang tidak suka buah sirsak? Rasanya memang sedikit asam, dagingnya kenyal, tapi sangat menyegarkan.

Namun di balik rasa asam, buah sirsak memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan. Sirsak telah dipercaya puluhan tahun untuk mengobati berbagai penyakit dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh manusia.

Berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dilansir laman Prevention, Rabu (9/1).

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Karena sirsak merupakan sumber serat yang sangat baik dengan 7,4 gram per cangkir, menurut USDA, maka sirsak bisa membantu mengatasi konstipasi dan mengurangi peradangan.

Makanan tinggi serat, seperti sirsak juga bisa memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga Anda terhindar dari mengidam. Sirsak juga bisa membantu melawan penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat.

2. Bisa mendukung sistem kekebalan
Sirsak juga kaya akan vitamin C. Dalam satu cangkir sirsak, Anda akan mendapatkan setidaknya 46 miligram vitamin C. Vitamin yang kuat ini sangat penting untuk segalanya, mulai dari mengurangi keriput hingga meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam diet Anda bisa membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa vitamin C tidak berpengaruh banyak untuk mencegah pilek, studi tahun 2018 dari BioMed Research International menunjukkan bahwa vitamin C bisa membantu mempersingkat flu biasa.

3. Bisa membantu menstabilkan tekanan darah
Ada 626 miligram potasium dalam secangkir sirsak dan 47 miligram zat besi. Karena kalium dan natrium saling bergandengan tangan, kadar kalium rendah sering berarti sodium tinggi, yang berarti tekanan darah tinggi.

Kalium berfungsi untuk menyaring hal-hal buruk dari tubuh Anda, termasuk kelebihan garam. Kalium juga membantu pembuluh darah Anda rileks yang memungkinkan sirkulasi yang lebih baik. Sementara beberapa pasien kanker beralih ke suplemen herbal untuk meredakan gejala-gejala tertentu, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum Anda memperkenalkan sesuatu yang baru ke dalam diet dan rencana perawatan Anda.

Suplemen sirsak bukan pengganti obat yang digunakan untuk mengobati kanker dan mereka juga bisa berinteraksi dengan obat lain yang sudah Anda minum. Dan meskipun penelitian awal menunjukkan sirsak mungkin memiliki sifat melawan kanker, tidak ada yang bahkan mendekati definitif. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03