18 April 2024 - 23:58 23:58

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan dan Kecantikan

WartaPenaNews, Jakarta – Cuaca panas di Indonesia tuntut kita untuk selalu mandi dua kali sehari. Perihal itu tak cuma untuk menangani rasa panas semata-mata, tetapi juga untuk menangani kotoran dan debu yang melekat di kulit. Nyatanya banyak yang tak melihat suhu air yang digunakan. Meskipun sebenarnya, air dengan suhu dingin begitu bermanfaat buat kulit dan kecantikan.

Dermatolog New York Michelle Green, MD, menjelaskan kalau mandi dengan air dingin bisa menambah aktivitas otak sekalian mengurangi stress dan stres. Ditambah studi di Belanda yang membuktikan kalau orang yang setidaknya mandi air dingin selama 30 detik dalam sehari memiliki 29% peluang terlepas sakit. Sounds cool, right?

Manfaat mandi air dingin akan makin maksimal bila sebelumnya kita olahraga, seperti yang dikatakan dermatolog Kavita Mariwalla, MD. Kala olahraga, pembuluh darah melebar dan panas memancar melalui kulit. Diteruskan mandi, air dingin akan mengernyitkan pembuluh darah dan membuat saluran darah tetap lancar. Dari segi kecantikan, membuat kulit lebih fresh dan muda karena air dingin memperkecil pori-pori dan jaga kelembaban kulit.

Mariwalla memberikan anjuran baiknya mandi air dingin tidak lebih dari 15 menit. Bila terlalu lama disiram air dingin, bisa-bisa jari dan ibu jari kaki berubah menjadi biru, atau keadaan yang biasa dikenal dengan nama sindrom Raynaud. Diutamakan juga, mandi air dingin setelah beraktivitas dalam tempat dingin begitu tidak diminta.

Bayangkan, saat cuaca sedang panas-panasnya lalu kita mandi dengan air dingin, segarnya seperti mendapatkan kekuatan baru. Serta mandi dengan air dingin bukan suatu hal yang baru. Paham kenyataan ini, mungkin bertambah suka mandi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03