Mari Pangestu Diangkat Sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia

Mari Elka Pangestu

Jakarta, WartaPenaNews – Mari Elka Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan untuk Bank Dunia. Selain dikenal sebagai ekonom, dia juga diangkat karena memiliki pengamalaman yang luas dan keterlibatannya dalam berbagai forum internasional.

“Kami sangat senang menyambut Mari di Bank Dunia dalam peran baru yang sangat penting bagi institusi ini. Pengalamannya sebagai menteri senior, diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti, beserta dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam berbagai forum internasional terkait berbagai masalah penting pembangunan, akan sangat bermanfaat bagi di Grup Bank Dunia ,” kata Presiden Grup Bank Dunia David Malpass dalam siaran pers Bank Dunia, Kamis (9/1/2020).

Sebelum diangkat sebagai direktur bank dunia, Mari menjabat sebagai Senior Fellow di Columbia School of International and Public Affairs serta Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia, Asisten Profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy dan Crawford School of Public Policy, Australian National University, dan Anggota Dewan Indonesia Bureau of Economic Research serta Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta.

Karirnya dipemerintahan, Mari juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dari 2004 hingga 2011 serta sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.

“Sungguh suatu kehormatan yang luar biasa dapat bergabung di Bank Dunia dalam misi pembangunan yang penting. Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini untuk mengatasi berbagai tantangan mendesak yang dihadapi negara-negara anggota Bank Dunia,” ujar Mari usai menerima jabatan barunya tersebut. (rob)