29 April 2024 - 13:50 13:50

Masih Teringat Trauma Masa Lalu, Coba Lakukan Ini

KWartaPenaNews, Jakarta - ebanyakan orang pasti pernah mengalami yang namanya trauma. Entah itu berlangsung lama atau hanya bertahan sebentar saja, yang pasti trauma sangat membekas dalam ingatan. Bahkan sampai saat membuat Anda terbayang-bayang dengan ketakutan akibat trauma masa lalu. Memang tidak mudah, tapi sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan trauma masa lalu yang mengganggu.

Trauma masa lalu sulit dihilangkan, mengapa?

Memiliki trauma masa lalu bisa membuat seseorang tertekan bahkan stres karena masih terbayang-bayang akan hal tersebut.

Kebanyakan orang susah melepaskan diri dari trauma masa lalu karena tidak tahu cara memulainya. Atau bahkan meski sudah ikut terapi ini dan itu, namun beberapa orang tidak mendapatkan dukungan penuh dari orang terdekat mereka.

Kedua hal tersebut yang membuat jeratan trauma masa lalu tak kunjung hilang. Bahkan awalnya Anda semangat untuk bebas dari trauma masa lalu, tapi karena mengalami salah satu hal tersebut, Anda menjadi tidak bersemangat untuk lepas dari trauma tersebut.

Apa yang membuat trauma masa lalu kembali muncul?

Semua pengalaman yang mempengaruhi hidup Anda akan terus diingat, termasuk trauma masa lalu. Jika trauma masa lalu ini tidak diselesaikan dengan baik, maka ketika ada pemicu trauma muncul, hal ini akan kembali membayangi Anda.

Biasanya, yang jadi pemicu timbulnya trauma yaitu ketika Anda dihadapkan dengan suatu kondisi yang mirip dengan kenangan buruk di masa lalu tersebut. Jadi, ketika hal tersebut muncul, Anda akan merasa kembali ke masa lalu dengan luapan emosi dan situasi yang hampir sama.

Misalnya saja, Anda pernah punya pengalaman diselingkuhi oleh mantan pasangan. Ketika meminta putus dengan sang mantan, mungkin Anda tidak merasakan adanya dampak trauma apapun pada saat itu.

Namun, hal ini baru akan terasa ketika Anda memulai hubungan kembali dengan seseorang yang baru. Anda mungkin akan cenderung lebih posesif atau merasa ketakutan diselingkuhi lagi untuk kedua kalinya. Hal tersebut merupakan dampak dari trauma masa lalu yang pernah diselingkuhi.

Mungkinkah menghilangkan trauma masa lalu secara permanen?

Trauma di masa lalu memang bisa dilupakan, walaupun hanya sesaat. Namun, akan benar-benar bisa hilang jika Anda berdamai dengan kenangan itu. Kecuali, Anda mengalami masalah kesehatan tertentu yang membuat ingatan tersebut terhapus secara permanen, seperti:

  • Alzheimer
  • Amnesia
  • Penyakit otak yang berhubungan dengan ingatan lainnya

Nah, masalah kesehatan tersebut bisa menghapus ingatan tertentu secara permanen. Akan tetapi, kecil kemungkinan untuk benar-benar melupakan pengalaman yang sangat mempengaruhi hidup Anda.

Selain itu, tidak ada rentang waktu yang benar-benar bisa menjamin lepas dari trauma tersebut. Misalnya, Anda sudah mengalami trauma ini dalam kurun waktu yang cukup lama tidak menjamin akan sembuh pada saat tua nanti. Hal ini sangat tergantung dengan bagaimana Anda menyikapi trauma tersebut.(mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03