8 May 2024 - 13:20 13:20

Masyarakat Papua Desak Polri Berantas Korupsi di Tanah Papua

Jakarta, WartaPenaNews – Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Papua (FKMPP) menggelar aksi di depan Mabes Polri, Jakarta, Jumat (10/1/2020). Dalam aksinya itu mereka mendesak Polri menegakan hukum dalam pemberantasan korupsi di tanah Papua. Sehingga masyarakat di sana bisa merasakan keadilan dan kesejahteraan.

Ketua FKMPP Marthen B Maran mengatakan, aksi dukungan FKMPP terhadap kinerja Polri dalam penegakan hukum di Papua diikuti sekitar 150 anggota. Dukungan terhadap Polri dilakukan, karena saat ini masalah korupsi sudah merajalela di Papua. Sayangnya, pemberantasan korupsi tersebut kurang mendapat perhatian dari pihak penegak hukum seperti KPK, Polri dan Kejaksaan.

“Kami minta supaya tahun 2020 ini dijadikan momentum dalam penegakan hukum di tanah Papua,” tegas Marthen B Maran di depan Gedung Mabes Polri, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Marthen menuturkan, di tahun 2020 ini maka aparat penegak hukum untuk menangkap para oknum pejabat yang melakukan korupsi. Apalagi ada di antara oknum pejabat di Papua yang diduga menggunakan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang notabene dana masyarakat untuk bermain judi di Macau, dan Singapura.

“Jangan dibiarkan bebas oknum pejabat itu. Karena itu (dana Otsus) digunakan mereka untuk bermain judi,” tegasnya.

Lebih lanjut Marthen penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, jujur, transparan, bertanggung jawab dan berwibawa menjadi suatu keharusan. Karena disitulah kunci untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan di tanah Papua. Sehingga pada akhirnya akan hadir perdamaian di Bumi Cendrawasih.

“Tapi selama 6 tahun upaya pemerintah melalui berbagai kebijakan, baik ketika Presiden SBY ketika itu. Dan perhatian dari Bapak Presiden Jokowi untuk percepatan pembangunan di Papua.

Namun dalam perkembangannya masih banyak PR yang harus dikerjakan untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan di Tanah Papua,” paparnya.

Oleh karena itu, sambung Marthen, pihaknya meminta agar Kapolri untuk segera menangkap para koruptor di tanah Papua yang menyengsarakan masyarakat. Selain itu tangkap juga para oknum pejabat Papua yang terbukti gunakan uang rakyat untuk bermain judi. Tangkap juga separatis berdasi yang ada di Tanah Papua maupun di luar Papua.

“Tegakkan hukum di Tanah Papua tanpa pandang bulu agar masyarakat Papua percaya bahwa hukum di NKR berlaku adil,” tandasnya.

Dalam aksinya FKMPP juga membentangkan spanduk dengan berbagai tulisan. Di antaranya, “Tahun 2020 harus menjadi tahun penegakan hukum di Tanah Papua. Dan Tegakkan hukum di Tanah Papua tanpa pandang bulu.” Aksi FKMPP dikawal polisi dan berlangsung dengan tertib. Perwakilan FKMPP pun diterima masuk ke dalam Mabes Polri. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 10:12
Begini Pengakuan OB Klinik Kecantikan Richard Lee

WARTAPENANEWS.COM – Pada Jumat (26/4), dokter sekaligus influencer Richard Lee memviralkan pencurian yang terjadi di klinik kecantikan miliknya, Athena, yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Sembari menunjukkan rekaman

01
|
8 May 2024 - 09:36
Kepergok Mencuri, Maling Motor Ini Dihakimi Warga

WARTAPENANEWS.COM – Seorang pria berinisial MS (43) jadi bulan-bulanan warga karena diduga hendak mencuri motor di Jalan Baru Tumbuh, Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara, pada Senin (6/5) malam. "Telah diamankan

02
|
8 May 2024 - 09:11
Jabodetabek Hari Ini Diprediksi Berawan, Suhunya Capai 34 Derajat Celsius

WARTAPENANEWS.COM –  BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek pada Rabu (8/5). Sebagian besar wilayah akan diprediksi berawan, tapi suhunya mencapai 34 derajat celsius. Di Jakarta, pagi ini cuaca diprediksi

03