29 March 2024 - 20:26 20:26

Mata Bengkak Usai Menangis, Ini Penjelasannya

WartaPenaNews, Jakarta – Nyaris mustahil menangis tanpa mengalami mata bengkak dan kemerahan setelahnya. Gara-gara mata bengkak, siapa pun jadi tahu kalau kita habis menangis.

Sebagai kaum yang lebih sering menangis karena masih banyak anggapan salah tentang pria tak seharusnya menangis, wanita seringkali menutupi mata bengkak itu dengan make-up.

Dari concealer sampai kompres air dingin atau es batu pun dicoba oleh banyak wanita, untuk menutupi dan meredakan bengkak di mata setelah menangis.

Tapi, sebenarnya kenapa sih mata kita bengkak setiap habis menangis?

Pada dasarnya, mata bengkak adalah akibat yang timbul akibat ‘sistem drainase’ mata kewalahan menghadapi air mata yang keluar.

Dilansir dari laman Discovery, Selasa, 2 Juni 2020, mata kita memproduksi tiga jenis air mata yang berbeda, yakni air mata basal, refleks dan emosional.

Air mata basal menjaga mata tetap lembap dan melindungi kornea dari kotoran dan debu. Air mata jenis ini terus disekresi secara konstan, tapi tidak akan sampai mengalir. Jadi, kebanyakan orang tidak sadar kalau mereka sedikit mengeluarkan air mata setiap waktu.

Ketika asap, debu atau aroma tajam (seperti aroma bawang bombai saat dipotong) mengancam atau membahayakan, mata memproduksi air mata refleks sebagai perlindungan ekstra. Air mata jenis ini mengandung antibodi tambahan untuk melawan bakteri, dan seringkali diproduksi dalam kuantitas yang lebih besar untuk membuang ancaman tadi.

Sedangkan air mata emosional diproduksi oleh kelenjar lacrimal, yang lokasinya ada di atas mata. Saat kelenjar ini memproduksi sedikit air mata, berarti tujuannya untuk melembapkan mata saat mengedip dan kemudian diserap dan dibuang ke hidung lewat puncta, lubang-lubang kecil di ujung kelopak mata.

Saat mata memproduksi banyak air mata (biasanya air mata emosional), sistem lacrimal Kamu tak bisa menanganinya dengan baik. Air mata yang biasanya menguap atau terserap ke hidung, malah keluar dari mata sebelum mereka sampai ke puncak.

Sementara air mata yang berhasil terserap oleh puncta akan menjadi ingus. Inilah mengapa orang menangis, hidungnya juga akan dipenuhi ingus. Percaya atau tidak, air mata bisa keluar dari hidung kalau Kamu sedang menangis kejer.

Inilah saat di mana pembengkakan terjadi. Air mata menjadi lebih cair dan kurang asin dibandingkan cairan yang mengisi sel-sel Kamu.

Dengan proses osmosis, cairan dan air matamu mengalir melalui membran semipermeabel ke jaringan tisu di mata untuk menyeimbangkan konsentrasi kandungan garam di kedua mata. Inilah yang membuat matamu bengkak dan semakin parah bengkaknya kalau Kamu menggosok atau mengusap mata saat menangis.

Pelebaran pembuluh darah di mata dan sekitarnya juga bisa berkontribusi terhadap pembengkakan tadi. Kalau Kamu memproduksi banyak air mata, pembuluh darah di sekitar mata akan melebar untuk meningkatkan aliran darah ke area mata.

Hal ini penting, karena air mata berasal dari suplai darah. Memang air mata kebanyakan terbuat dari air dengan sedikit garam dan protein. Namun, air mata juga berasal dari darah.

Hingga saat ini, tak ada cara apa pun yang bisa Kamu lakukan untuk mencegah mata bengkak karena menangis. Namun, ada beberapa hal yang bisa dicoba karena telah terbukti mampu mengurangi atau meredakan pembengkakan.

Kompres air dingin misalnya. Kemudian krim hemorrhoid juga akan membantu karena mengandung bahan-bahan yang derancang untuk membuat pembuluh darah mengecil dan mengurangi bengkak.

Selain itu, Kamu juga bisa mengurangi konsumsi makanan tinggi sodium. Itu karena sodium berlebih akan memperburuk bengkak di mata.

Tapi, sambil menunggu para ahli menemukan cara ilmiah yang ampuh mencegah atau mengobati mata bengkak karena menangis, Kamu selalu bisa pakai alasan alergi, kalau ada orang yang menanyakan kenapa matamu bengkak.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03