29 March 2024 - 04:33 4:33

Membandel, Petugas Tutup Paksa Toko di Jombang

WartaPenaNews, Jakarta – Petugas gabungan dari Polri dan Satpol PP menegur dua toko di kawasan Pasar Peterongan, Kamis (4/6/2020). Hal itu dilakukan karena ada kebijakan dari Pemkab Jombang menutup pasar tersebut selama tiga hari, yakni 4 hingga 6 Juni 2020.

Penutupan pasar tersebut bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah adanya sejumlah pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Ironisnya, kebijakan tersebut tidak dipatuhi semua pihak. Buktinya, masih ada dua toko (apotek dan optik) yang tetap buka. Kondisi itu pula yang membuat petugas gabungan mendatangi dua toko tersebut.

Namun demikian, pemilik toko bergeming. Pengelola apotek ngotot buka dengan dalih toko obat mendapat pengecualian dari pemerintah pusat, karena memberikan layanan kebutuhan obat-obatan kepada masyarakat.

Sedangkan petugas berharap apotek dan optik tetap mengikuti aturan pemerintah daerah melakukan penutupan. Hal itu untuk menghindari kecemburuan sosial dari pedagang lainya.

“Semua harus tutup. Ini hanya tiga hari,” ujar salah satu petugas dengan nada tinggi.

Setelah mendapat penjelasan panjang lebar dari petugas, pemilik toko memilih mengalah. Mereka kemudian menutup tempat usaha tersebut. Selanjutnya, petugas gabungan kembali melakukan pemantauan di pasar yang berada di pinggir jalan nasional tersebut.

Pemilik apotek, Taufik Hidayatullah beralasan dirinya sengaja membuka apotek tersebut. Karena usaha toko obat berada di bawah aturan Undang-Undang Kesehatan. Namun, karena tetap dilarang, Taufik akhirnya siap mengikuti aturan yang ada.

“Ya mau bagaimana lagi. Aturan pemerintah daerah seperti itu. Apotek saya tutup selama tiga hari. Kami juga akan kordinasi dengan dinas terkait,” pungkas pemilik apotek di kawasan Pasar Peterongan ini. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03