28 April 2024 - 17:28 17:28

Mendagri Tito Copot Plt Bupati Buton Utara setelah Jadi Tersangka Pencabulan

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bertindak tegas. Mantan Kapolri itu memberhentikan Ramadio dari jabatan pelaksana tugas (plt.) Bupati Buton Utara karena jadi tersangka kasus pencabulan anak.

Selain dari jabatan Plt Bupati, Mendagri juga mencopot sementara Ramadio dari jabatan wakil bupati Buton Utara. Pemberhentian sementara itu merupakan usulan dari Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

“Menteri Dalam Negeri Mengambil keputusan tegas memberhentikan sementara Ramadio sebagai plt. Bupati Buton Utara,” kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, Kamis (1/10).

Menurut Akmal, pencopotan Ramadio dilakukan karena yang bersangkutan berstatus tersangka pencabulan anak. Bahkan, Ramadio akan segera menjalani sidang. Surat Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara tertanggal 30 September 2020 mencantumkan dakwaan bagi Ramadio penjara minimal lima tahun dan maksimal lima belas tahun.

Merujuk UU Pemda, kata Akmal, Ramadio bisa diberhentikan sementara tanpa melalui usulan DPRD. Sebab yang bersangkutan didakwa melakukan tindak pidana kejahatan dengan ancaman penjara paling singkat lima tahun.

Keputusan ini untuk memberikan kepastian hukum dan menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Buton Utara sampai proses hukum yang bersangkutan selesai dan mempunyai kekuatan hukum tetap.

Dengan pemberhentian Ramadio, maka sekretaris daerah Kabupaten Buton Utara diangkat sebagai pelaksana harian sebelum nantinya ditunjuk penjabat sementara. Saat ini Bupati Buton Utara, Abu Hasan sedang cuti untuk menjalani Pilkada serentak 2020.

Sebelumnya, Polres Muna menetapkan Wakil Bupati Buton Utara Ramadio sebagai tersangka pencabulan anak. Ia disebut melakukan pencabulan dua kali kepada anak berusia 14 tahun pada 2019 lalu.

Sejak September 2020, berkas perkara Ramadio telah dilimpahkan ke kejaksaan. Mucikari dari kasus tersebut, yang juga merupakan tante korban, sudah menjalani proses hukum di tingkat kasasi. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03