28 March 2024 - 21:33 21:33

Mengapresiasi Kedermawanan Masyarakat Indonesia yang Mendunia

Mengapresiasi Kedermawanan Masyarakat Indonesia yang Mendunia

WartaPenaNews, Jakarta – Untuk kedua kali, Indonesia diakui serta dikukuhkan sebagai negara paling dermawan di dunia, versi World Giving Index 2021.

Laporan World Giving Index (WGI) yang dirilis Senin, (14/6/2021) oleh Charity Aid Foundation (CAF), menempatkan Indonesia di peringkat pertama, dengan skor 69%, naik dari skor 59% dari tahun 2018 yang juga menduduki peringkat pertama.

Pada laporan WGI 2021, Indonesia menempati 2 peringkat teratas dari 3 kategori yang menjadi ukuran WGI, yaitu menyumbang pada orang tidak dikenal, menyumbang uang serta kegiatan kerelawanan. Lebih dari 8 dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uang pada tahun ini. Tingkat kerelawanan tiga kali lipat lebih besar dari dunia.

Direktur Filantropi Indonesia, Hamid Abidin, menyambut baik serta mengapresiasi prestasi sektor filantropi Indonesia. “Pandemi dan krisis ekonomi tidak menghalangi masyarakat untuk berbagi. Justru meningkatkan semangat solidaritas untuk membantu sesama. Yang berubah, hanya bentuk sumbangan serta jumlahnya. Masyarakat yang terdampak, tetap berdonasi uang atau dalam bentuk barang juga tenaga, “kata Hamid melalui press release yang dikirimkannya.

Eka Purwanti (Irt), menempa mental dan kepribadian putranya sejak dini, agar penuh kasih, peduli dan mau berbagi. Foto: istimewa

Belajar Dari Cinta Laura Kiehl hingga Adik Kecil Gopis

Bagi sebagian orang, memupuk sikap kedermawanan dilakukan melalui ajaran agama, serta kebaikan dari tradisi berbagi yang dimulai sejak dini. Juga harus didukung dari konsep diri yang baik, yang salah satunya berempati terhadap sesama yang membutuhkan.

Baru-baru ini, masyarakat dibuat terpukau oleh aksi sosial dalam senyap yang dilakukan Cinta Laura Kiehl.

Keteguhan hatinya untuk terus membantu masyarakat marginal di bidang pendidikan, mampu menepis godaan untuk membeli produk fashion branded, layaknya selebritis lainnya.
Konsep diri yang baik, serta pendidikan tinggi, mampu membentengi diri untuk lebih peduli.

“Rasanya ingin, tapi saya memiliki perasaan bersalah jika harus membeli produk high fashion. Saya membeli produk fashion bukan karena brand, tapi karena saya membutuhkan, “ujar Cinta.

Totalitas, serta kedermawanan Cinta, didedikasikan dengan mendirikan sekolah gratis di berbagai daerah tertinggal yang belum tersentuh pemerintah.

Melalui Soekarseno Foundation, Yayasan yang didirikan bersama keluarga besarnya, Cinta juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana, juga tunjangan buat guru yang baru bekerja.

Selama pandemi, banyak cerita kedermawanan datang dari tunas muda yang mengharu biru.
Eka Purwanti, Irt dari satu anak, sudah membiasakan Gopis (5 tahun) berbagi sejak buah hatinya berusia 3 tahun.

“Waktu ada ondel-ondel ngamen, Gopis melihat ada yang memberi uang sawer. Dia bilang, ibu kasih bu, kasih uang buat om Ondel-ondelnya. Berjalannya waktu, Gopis menjadi pribadi yang dermawan, tidak hanya uang, Gopis dengan senang hati berbagi makanan dan minuman miliknya.

Saat pandemi, saya membiasakan Gopis menabung sebagian uang jajan, serta pemberian Om dan Tantenya. Saya mengajarkan ini, selain meneruskan tradisi dari kedua orang tua saya, juga menempa mental dan kepribadian buah hati saya agar senantiasa penuh kasih, peduli dan mau berbagi dengan sesama, apapun kondisi kami saat ini, “kata Eka. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03