19 April 2024 - 04:24 4:24

Menko PMK Apresiasi Pemkot Tangsel Terkait Data Penerima Bantuan

WartaPenaNews, Tangsel – Kementerian Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan apresiasi sistem data penerima bantuan yang dilakukan pemerintah Kota Tangsel. Saat ini masyarakat Tangsel menerima penyaluran bantuan dari Presiden dan Pemerintah Provinsi.

Menteri Kordinator PMK Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa Tangsel merupakan salah satu kota yang kooperatif dalam data dqn penerima bantuan. Dimana, bantuan yang diberikan dikelompokkan berdasarkan penerima manfaat.

“Tangsel sudah bagus,” kata dia yang dilanjutkan bahwa keterangan bantuan serta kategori bantuan dikelompokkan terlebih dahulu, kemudian disalurkan kepada masyarakat yang sudah terdaftar namanya di Dinas Sosial.

Menurutnya hal ini patut diapresiasi karena bantuan yang diterima Pemkot bukan hanya berasal dari pemerintah pusat saja, melainkan juga dari provinsi. Sehingga jelas, asal muasal bantuan yang pemkot dapatkan.

Selain itu, penyaluran yang dilakukan oleh pemerintah juga dinilai Muhadjir sudah baik. Dimana sesuai dengan protokol, pemberian bantuan diberikan pertahapan. Hal tersebut digunakan untuk mencegah terjadinya aktivitas yang melibatkan banyak orang.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan bahwa pada intinya seluruh jumlah pengajuan terkait dengan warga yang mendapatkan bantuan sudah disetujui oleh kementerian, dan sekarang sedang dalam tahap distribusi.

Kemudian, Airin juga menjelaskan bahwa data yang dikirimkan merupakan data terbaru yang mana sudah dilakukan pendataan oleh pihak Dinas Sosial pada Desember 2019.

“Dan setelah itu tetap kami berlakukan pendataan ulang dengan melibatkan RT dan RW. Untuk memastikan bahwa masyarakat yang membutuhkan dapat menerima bantuan ini,” kata dia dalam keterangannya, Kamis (14/5/2020).

Selanjutnya Airin menjelaskan bahwa Pemerintah pusat memberikan kuota bantuan sebanyak 70.000. Untuk memenuhi kuota ini akan dilakukan penelusuran yang dilakukan oleh RT dan RW untuk selanjutnya dicatatkan ke Kecamatan dan Dinas Sosial,” kata dia.

Tapi yang perlu diingat adalah, penerima bantuan ini berdasarkan satu nik satu kartu keluarga (KK) . “Jadi kalau ditemukan dua Nik dalam satu KK. Maka harus dievaluasi. Seperti itu,” kata dia.

Evaluasi akan terus dilakukan bersamaan dengan distribusi bantuan ini. Supaya kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi.

Menteri Kordinator PMK dan Walikota Tangsel menyalurkan bantuan sosial berupa sembako dari Presiden di RT 4/1 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur.

Tidak hanya memberikan sembako, Menteri pun memberikan bantuan uang kepada warga yang menerima bantuan sembako.

Miyati salah seorang penerima bantuan mengucapkan terima kasih atas bantuan sembako dari Presiden ini. “Ini bantuan pertama saya paska pandemi corona,”ungkapnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03