20 April 2024 - 13:26 13:26

Merapi Erupsi, Wilayah di Sekitarnya Diguyur Hujan Abu

WartaPenaNews, Jakarta  – Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi atau BPPTKG mengabarkan, jika Gunung Merapi erupsi pada Selasa pagi 3 Maret 2020, pukul 05.22 WIB. BPPTKG dalam akun Twitter mengatakan, jika tinggi kolom erupsi mencapai kurang lebih 6.000 meter.

Dalam unggahan yang dibuat, BPPTKG mengunggah ulang tweet warganet yang mengabarkan suasana di sekitaran Gunung Merapi. Salah satunya, akun @SukimanMerapi yang mengatakan jika daerah Tamansari Boyolali sudah diguyur hujan pasir.

Dalam tweet-nya, dia mengunggah video daerah tersebut yang sudah dihinggapi pasir. Akun tersebut juga mengunggah foto warga di sekitar Deles, Klaten yang tetap tenang meski ada erupsi Merapi.

Baca Juga:Dua warga Depok Positif Terjangkit Virus Corona, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tingkatkan Pengawasan

Hujan abu juga terjadi di wilayah Musuk, Boyolali. Ini diketahui dari unggahan akun @kurniawanuzy18. Akun tersebut memperlihatkan dedaunan yang diselimuti abu.

Dalam laporan BPPTKG di akun resminya, erupsi berdurasi 450 detik dengan tinggi kolom mencapai kurang lebih enam kilometer dari puncak, dan arah angin ke utara.

Material vulkanik Gunung Merapi mengarah ke Hulu Kali Gendol, dengan jarak maksimum dua kilometer. BPPTKG mengingatkan, aktivitas warga di luar radius tiga kilometer dari puncak Merapi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03