25 April 2024 - 11:51 11:51

Mewujudkan Pelestarian Lingkungan lewat Seni Berkomunikasi

Mewujudkan Pelestarian Lingkungan lewat Seni Berkomunikasi

WartaPenaNews, Jakarta – Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan  pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagaimana diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20.

Sejalan dengan kewajiban tersebut, Universitas Mercu Buana (UMB) melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat pada akhir Januari 2021 telah melakukan kegiatan webinar terkait tema pelestarian lingkungan pada salah satu kelurahan binaan, yaitu kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Salah satu topik bahasan pada webinar tersebut adalah seni berkomunikasi yang dibawakan Dr. Inge Hutagalung, M.Si.

Menurut Inge, dalam mensosialisasikan pelestarian lingkungan perlu diperhatikan cara berkomunikasi yang efektif dengan khalayak sasaran.

“Bahwa komunikasi bukanlah proses yang mudah karena melibatkan dimensi sosial pelaku komunikasi, yang pada akhirnya akan membentuk pola sosial diantara para pelaku komunikasi,” katanya.

Inge melanjutkan, gaya komunikasi individu dapat ditinjau dari keterpaduan dua sudut pandang, yaitu apakah orang yang terlibat dalam proses komunikasi mendominasi jalannya pembicaraan ataukah menyelaraskan pembicaraan.

Kemudian, sejauh apakah orang yang terlibat dalam komunikasi lebih menaruh kepedulian pada manusia (terbuka/expansive), dibandingkan kepedulian pada hal-hal yang bersifat tugas (tertutup/contained).

“Ciri-ciri individu terbuka adalah hangat, terbuka, ekspresif, berorientasi pada manusia, menunjukkan antusiasme. Sedangkan ciri-ciri individu tertutup adalah teratur, disiplin diri, serius, tidak berekspresi, kurang menunjukkan antusiasme,” kata dia.

Jika kedua sudut pandang ini dipadukan, kata Inge, maka terbentuklah empat kuadran gaya bagaimana orang berkomunikasi dengan penjelasan sebagai berikut. Yang pertama, orang yang dominan dan terbuka, disebut promotor.

Kemudian yang kedua, orang yang dominan dan tertutup, disebut controler.  Lalu yang ketiga orang yang menyelaraskan pembicaraan dan terbuka, disebut fasilitator.  Dan yang terakhir adalah orang yang menyelaraskan tetapi tertutup, disebut analitik.

Dalam melakukan sosialisasi pelestarian lingkungan, kemungkinan seseorang akan atau harus berhubungan dengan individu yang sulit diajak berkomunikasi mungkin saja terjadi.

Yaitu, orang yang suka marah-marah tanpa kendali diri, individu yang mau menang sendiri, seorang pendengar yang buruk, individu pemalu, ataupun individu yang lamban, dan lainnya.

“Keahlian apa yang perlu digunakan untuk menetralisasi saat-saat yang dapat memicu perang mulut, makian, kemarahan ataupun penganiyaan mental tersebut? Bagaimanakah seorang individu harus menangani situasi yang tampaknya tak mungkin ditanganinya? Menyikapi kondisi ini, Inge menuturkan bahwa kiat untuk menghadapi orang yang sulit berhubungan dengan orang lain adalah dengan bersikap profesional. Yaitu, fokus pada masalah yang dihadapi dan tidak melebar keluar dari masalah yang dibahas,” katanya.

Pelaksanaan webinar dengan tema pelestarian lingkungan dihadiri oleh Lurah Kembangan Utara, Jakarta Barat. Dalam sambutannya, Lurah Kembangan Utara mengucapkan terima kasih atas kepedulian sivitas akademika Universitas Mercu Buana, dan berharap agar dengan sosialisasi seni berkomunikasi secara efektif dalam kampanye pelestarian lingkungan dapat membantu terwujudnya budaya bersih dan sehat di kalangan masyarakat, khususnya Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 09:15
Pagi Ini, Gunung Semeru Erupsi

WARTAPENANEWS.COM - Gunung Semeru erupsi pada Kamis (25/4) pagi. Tepatnya pukul 06.35 WIB. "Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Kamis, 25 April 2024, pukul 06:35 WIB. Tinggi kolom letusan teramati

01
|
25 April 2024 - 08:31
Dibantu Joe Biden, Rp276 Triliun akan Dikirim ke Israel

WARTAPENANEWS.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memastikan akan segera mengirimkan paket bantuan luar negeri sebesar USD17 miliar (Rp276 triliun) untuk Israel, serta USD9 miliar (Rp146 triliun) untuk warga

02
|
25 April 2024 - 08:12
Mobil Rubicon Rafael Alun Dilelang Rp809 Juta

WARTAPENANEWS.COM - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melelang mobil Jeep Rubicon hasil sitaan dari Mario Dendi Satrio, anak mantan pejabat pajak Rafael Alun. Berdasarkan informasi di akun Instagram

03