20 April 2024 - 02:03 2:03

Miss KidZania 2022 dan Fashion Desainer Michelle Davina Hadipranoto “Yuk Rawat Pakaianmu

wartapenanews.com –   Michelle Miss KidZania 2022 menjadi salah satu sosok anak-anak yang antusias menyambut establishment baru Soklin Laundry Care KidZania karena ia melihat ada banyak sekali manfaat yang didapat bagi anak, masyarakat, serta lingkungan dari perkara mencuci pakaian yang masih dianggap sebelah mata.

Sebagai pelajar, ternyata Michelle berprofesi paruh waktu sebagai desainer belia. Karyanya menjadi kebanggaan anak-anak Indonesia, serta diapresiasi oleh institusi dengan banyaknya penghargaan, serta ajakan berkolaborasi.
Saat mendesain busana,
Michelle kerap terpikir bagaimana agar busana rancangannya bisa memiliki masa pakai lama. Tidak hanya 3- atau 5 kali pakai harus teronggok di gudang karena warnanya pudar, atau rusak dimakan ngengat.
Butuh kesadaran, serta kemauan bagi pelanggan belia untuk merawat busananya tersebut dengan baik dan benar, layaknya memperlakukan barang-barang kesayangan mereka.

Hadirnya SoKlin Laundry Care menjawab kegundahan hatinya, Michelle kian bersemangat untuk mengajarkan anak-anak Indonesia bagaimana cara memperlakukan pakaian mereka dengan baik dan benar.
Klop dengan tanggung jawabnya sebagai Miss KidZania Jakarta 2022 yang senantiasa menginspirasi, serta berperan strategis untuk mensosialisasikan beragam kebaikan dalam tindakan nyata sehari-hari.

Saat pembukaan establishment baru tersebut, Michelle bermain peran menjadi binatu profesional. “Saya senang dan kagum bahwa profesi binatu itu membutuhkan skills mumpuni dan dilakukan dengan cara-cara yang sangat menyenangkan. Utamanya hadir tanggung jawab, ketelitian, wawasan dari penggunaan teknologi mesin cuci, bagaimana memilih produk sabun cuci pakaian dan pewangi yang berkualitas yang membuat pelanggan puas, “ujar Michelle.

Menurut Michelle ada tiga manfaat utama belajar menjadi binatu profesional seperti membuat seseorang mandiri terutama saat kuliah di luar negeri, menjadi pebisnis laundry yang handal, ikut melestarikan fashion berkelanjutan untuk merawat bumi dari limbah fashion.

Sebagai desainer belia kebanggaan Indonesia, saat mendesain busana pesta untuk fashion show, maupun untuk rekan-rekannya yang akan tampil berlomba, Michelle sudah memikirkan beragam aspek agar karyanya tersebut tetap indah, terawat, berdaya pakai lama. Soal mengenal jenis bahan pakaian, serta teknik merawatnya menjadi dasar ilmu yang dimiliki oleh anak perempuan yang trampil menggambar anime ini.

Hal tersebut tentunya berkaitan erat pada tugas seorang binatu yang trampil memilah beragam jenis bahan pakaian seperti katun, poliester, wol, licra, spandek hingga sutera yang butuh treatment khusus, agar saat dilaundry tidak rusak.
Saat menyerahkan busana rancangannya ke pelanggan, Michelle senantiasa berpesan kepada customer ciliknya untuk merawat pakaian tersebut dengan benar, karena dari setiap desain, hadir kreativitas melalui buah pemikiran dirinya yang khusus dibuat untuk penggunanya.

Dalam keseharian, Michelle belajar mencuci dari ibundanya yang senantiasa mendampingi nya saat berkegiatan. Utamanya ia paham tahapan demi tahapan yang harus dilakukan untuk merawat pakaian. Namun pembelajaran di SoKlin Laundry Care KidZania membuka wawasannya, karena cakupan pekerjaan laundry lebih luas dari sekedar mencuci biasa.

Michelle dan rekannya saat menjalankan peran sebagai Staff Binatu Foto: istimewa

Tips Merawat Busana Ala Michelle

1. Jika pakaian tidak kotor dan berbau, selesai dikenakan gantung dan angin-anginkan selama 1 – 2 jam. Kemudian semprot dengan pewangi pakaian anti bakteri. Lalu gantung terpisah dengan pakaian bersih. Untuk gaun pesta atau yang bermaterial mahal seperti wastra Indonesia, sebaiknya jangan terlalu sering dicuci untuk mempertahankan warnanya. Jika harus dicuci, gunakan sabun khusus yang tidak merusak serat dan warna pakaian.

2. Gaun pesta atau busana mahal jika hanya bagian tertentu yang kotor atau terkena noda, sebaiknya upayakan dahulu untuk menghilangkan bagian bernoda dengan mengucek lembut, menggunakan sabun cuci pakaian cair.
Kemudian gunakan lap basah yang dicelup air hangat untuk menghilangkan sisa sabun. Angin-anginkan.

3. Baca petunjuk pada label secara teliti treatment merawat pakaian, diantaranya rekomendasi sabun, temperatur suhu saat disetrika, hingga teknik menyimpan apakah harus digantung atau dilipat.

4. Selain bahan, penting merawat aksesori penunjang seperti kancing, resleting agar tetap berfungsi dengan baik.

Michelle berpesan kepada anak-anak Indonesia untuk konsisten merawat pakaian yang dimiliki layaknya memperlakukan barang-barang favorit. Karena dari pakaian-pakaian kalian terselip asa anak-anak lainnya yang kurang beruntung dan yang menjadi korban bencana.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03