29 April 2024 - 14:26 14:26

Mulai 5 Juli, Gelombang Pertama Jemaah Haji Asal Lampung Pulang Perdana

wartapenanews.com – Proses kepulangan jemaah haji asal Provinsi Lampung dari tanah suci dijadwalkan akan mulai dilakukan pada Rabu (5/7) besok.

Plh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung, Erwinto mengatakan, proses kepulangan jemaah haji Lampung terbagi menjadi dua gelombang.

“Gelombang 1 akan dimulai dari tanggal 5-19 Juli sebanyak 13 kloter dan gelombang 2 pada tanggal 20 Juli-3 Agustus sebanyak 8 kloter,” kata Plh Kakanwil Kemenag, Lampung Erwinto, Selasa (4/7).

Erwinto menjelaskan, guna menyambut kepulangan para jemaah haji asal Lampung, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan berbagai persiapan.

“Tahun ini jemaah haji yang diberangkatkan ada sebanyak 7.229 jemaah dan terbagi menjadi 7.140 orang jemaah beserta petugas serta 89 orang kuota tambahan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, dalam pelaksanaan ibadah haji, petugas telah melakukan berbagai upaya-upaya dalam menunjang kelancaran ibadah haji.

“Seperti melakukan sweeping untuk mencari jemaah yang tersesat di jalan untuk diantarkan pulang, penyisiran terhadap koper atau barang bawaan jemaah yang tercecer di wilayah lain dan khusus untuk lansia serta pengguna kursi roda akan didampingi petugas dan akan dicarikan jasa pendorong di Masjidil Haram,” ungkapnya.

Erwinto menyatakan, pada ibadah haji tahun ini tercatat ada sebanyak 12 orang jemaah asal Lampung meninggal dunia.

Terkait jemaah haji yang meninggal saat sudah masuk embarkasi di Madinah, Mekkah maupun di Masyair akan mendapatkan asuransi, sedangkan jemaah haji yang meninggal di pesawat atau boarding akan mendapat asuransi haji biasa dan asuransi penerbangan.

“Pembayaran asuransi akan diberikan selesai penyelenggaraan haji,” ujarnya.

Sementara khusus jemaah yang meninggal dan belum melaksanakan ibadah haji maka akan dibatalkan oleh petugas yang ditunjuk oleh PPIH Arab Saudi dan biaya ditanggung oleh Pemerintah.

Di sisi lain, Wakil Gubernur (Wagub) Lampung, Chusnunia Chalim mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, dari mulai keberangkatan hingga proses jemaah melaksanakan ibadah haji.

Dia menyatakan, jemaah haji pada tahun ini terasa istimewa karena mayoritas jemaah berusia lanjut usia (lansia). Dia mengapresiasi kerja keras serta bantuan dari para petugas dalam mendampingi jemaah haji lansia.

“Semua jemaah haji dari Provinsi Lampung diberikan pelayanan yang terbaik dan terkhusus kepada seluruh yang bertugas semoga menjadi ladang pahala,” kata Wagub Lampung Chusnunia Chalim saat memimpin rapat persiapan pemulangan jemaah haji di Aula Asrama Haji Rajabasa.

Nunik, sapaan akrab Wagub Lampung berharap proses kepulangan dengan skema yang telah disiapkan mulai keberangkatan dari tanah suci hingga sampai tiba di Provinsi Lampung bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Pada prinsipnya kami percaya bahwa para petugas yang berkewajiban ini sudah sangat memahami tugasnya masing-masing, jadi kita mengharapkan kepulangan ini insya Allah dapat berjalan maksimal, baik dan lancar,” tandasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03