5 May 2024 - 23:05 23:05

Mulai Hari Ini, Pertamina Sah Mengelola Wilayah Kerja Blok Rokan

WartaPenaNews, Jakarta – PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) resmi mengelola Wilayah Kerja Blok Rokan, Riau, mulai hari ini, Senin, 9 Agustus 2021.

Alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada PHR dilakukan sekitar pukul 00:14 WIB tengah malam dini hari tadi disaksikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury, serta Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, pihaknya mengapresiasi seluruh pihak, baik SKK Migas, CPI, dan juga PHR, yang telah menyelesaikan sejumlah masalah kritikal dalam proses alih kelola Blok Rokan ini sehingga tetap bisa mencegah penurunan produksi saat alih kelola ini.

“Kami mengapresiasi seluruh pihak, SKK Migas, PHR, CPI yang telah menyelesaikan masalah kritikal dan mencegah penurunan produksi,” tutur Arifin saat memberikan sambutan di acara Serah Terima/Alih Kelola Blok Rokan dari CPI ke PHR yang ditayangkan secara daring Senin, (9/8/2021),

Arifin menambahkan, hingga akhir Juli 2021, produksi minyak di Blok Rokan rata-rata tercatat mencapai 160,5 ribu barel per hari (bph) dan produksi gas sebesar 41 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Dia mengingatkan agar PHR tetap terus berinvestasi dan melakukan pengeboran dengan masif agar produksi migas di Blok Rokan ini tetap terjaga dan bahkan meningkat.

“Oleh karena itu, diharapkan agar PHR mengajukan peningkatan produksi yang agresif untuk sisa tahun 2021 dan tahun-tahun selanjutnya,” pintanya.

Dia menegaskan, Pertamina harus terus berkomitmen meningkatkan produksi Blok Rokan sebagai salah satu wilayah kerja migas terbesar di Indonesia yang bernilai strategis mencapai target produksi minyak 1 juta bph dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (BSCFD) pada 2030 mendatang.

Blok Rokan saat ini blok minyak terbesar kedua di Tanah Air setelah Blok Cepu yang diproduksikan Exxon Mobil Cepu Ltd (EMCL).

Dirinya pun berpesan kepada PHR agar memenuhi segala komitmen yang tertuang di dalam Kontrak Kerja Sama (KKS/ PSC) yang telah ditandatangani, meningkatkan produksi minyak, serta menjaga hubungan baik dengan daerah.

“Izinkan saya juga berpesan kepada Pertamina agar bekerja lebih keras lagi dalam menjaga dan meningkatkan produksi di Wilayah Kerja Rokan dan tidak kalah penting menjaga hubungan baik dengan daerah,” tuturnya.

Di sisi lain, dia pun mengucapkan apresiasi kepada CPI karena berkontribusi dalam pemenuhan energi nasional.

“Dengan berakhirnya Kontrak kerja sama CPI dengan SKK Migas, maka dengan ini atas nama Indonesia mengucapkan terima kasih kepada CPI atas kerja keras dan seluruh yang telah dibangun selama ini dengan pemerintah Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan energi nasional melalui pengelolaan Blok Rokan,” tuturnya.

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada segala pihak yang terlibat dalam proses transisi ini, termasuk kepada Gubernur Riau dan jajarannya, sehingga alih kelola dapat berjalan lancar.

Seperti diketahui, pada 6 Agustus 2018 Kementerian ESDM telah menunjuk Pertamina untuk mengelola Blok Rokan setelah kontrak CPI berakhir pada 8 Agustus 2021. Adapun penandatanganan Kontrak Kerja Sama (PSC) dengan skema Gross Split antara Pertamina dan SKK Migas dilakukan pada 9 Mei 2019.

Pertamina mendapatkan hak pengelolaan Blok Rokan hingga 20 tahun ke depan dengan hak partisipasi (participating interest/ PI) 100%, namun harus memberikan hak partisipasi sebesar 10% kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Adapun Chevron telah beroperasi di Blok Rokan sejak 97 tahun lalu, tepatnya 1924 yang saat itu masih bernama Standard Oil Company of California (Socal). Lalu pada 1951 yang saat itu sudah berganti nama menjadi Caltex memproduksi Blok Rokan kali pertama pada 1951. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03