25 April 2024 - 01:55 1:55

NCSR Kembali Gelar Asia Sustainability Report Rating 2020

NCSR Kembali Gelar Asia Sustainability Report Rating 2020

WartaPenaNews, Jakarta – National Center for Sustainability Reporting (NCSR) kembali menggelar pemeringkatan laporan keberlanjutan tingkat Asia (Asia Sustainability Report Rating/ASRRAT) 2020.

Pagelaran di tengah pandemi ini berlangsung secara semionline, sebagian penyerahan trofi berlangsung offline di Hotel Mulia Jakarta. Selain itu juga dilakukan Talkshow secara online bertajuk “Covid-19 and The Road to Sustainable Business”.

Para panelis dalam talkshow ini berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof Bambang Brodjonegoro, Ph.D, menyampaikan keynote speech pada Forum yang disiarkan secara online ini dan diikuti oleh 500 peserta dari Indonesia dan negara-negara lainnya di Asia Tenggara. “Keberlanjutan memerlukan inovasi” tegas Prof. Bambang Brodjonegoro.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa pandemi ini membuat gaya hidup manusia berubah. “Selain itu harus diakui pula bahwa lingkungan menjadi lebih bersih” ujarnya.

Dalam forum ini, turut menyampaikan keynote speech Allinnettes Go Adigue, Manager Public Policy and Corporate Relations GRI Southeast Asia and incoming Head of Regional Hub ASEAN Global Reporting Initiative (GRI) yang berpusat di Amsterdam, Belanda.

NCSR adalah anggota GRI dan juga GRI Training Partner di Asia Tenggara. Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP) yang merupakan organisasi profesi yang mewadahi alumni NCSR di kawasan Asia Tenggara termasuk Bangladesh, ikut serta sebagai co-organizer ASRRAT 2020.

“Laporan keberlanjutan menunjukkan kepada kita, sampai sejauh mana kontribusi perusahaan terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB (Sustainable Development Goals/SDGs)” kata Ketua NCSR Ali Darwin, di sela-sela acara ASRRAT Forum.

“Selain daripada itu kita juga dapat menilai melalui laporan keberlanjutan, dampak ekonomi, lingkungan dan sosial yang timbul dari kegiatan operasi perusahaan, baik positif maupun dampak negatif,” katanya.

“Sejak tahun 2005 sampai dengan 2017, selama 12 tahun, pagelaran ini disebut Sustainability Reporting Awards”, kata Ketua Dewan Juri Prof. Eko Ganis Ph.D.

Namun sejak tahun 2018, NCSR mengubah sistemnya dari Penghargaan (Award) menjadi Pemeringkatan (Rating), lanjut Eko.

Menurut Ali Darwin, perubahan ke sistem Pemeringkatan Laporan Keberlanjutan sudah dimulai sejak 2016 dengan peserta dari perusahaan-perusahaan di Bangladesh, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

“Ini merupakan satu‐satunya sistem pemeringkatan laporan keberlanjutan yang ada saat ini” tambah Ali, NCSR membagi peringkat laporan keberlanjutan dalam 4 tingkatan, yaitu Platinum (tertinggi), Gold, Silver dan Bronze (terendah).

Tahun ini, proses penilaian laporan dilakukan oleh 21 assessor, yang merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mereka semuanya memiliki kompetensi sebagai assessor karena telah memiliki sertifikat spesialis laporan keberlanjutan yang dikeluarkan oleh NCSR dan disebut Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS).

Laporan keberlanjutan rating Platinum tahun ini diraih oleh 5 perusahaan yakni PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, PT Indonesia Power, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Kalimantan Timur.

Kriteria tambahan rating platinum dibanding rating Gold menurut Eko antara lain laporannya dibuat secara lengkap sesuai standar GRI dan telah dilakukan assurance/audit oleh pihak Kantor Jasa Assurance di samping memperoleh nilai 93 dari 100.

Sedangkan laporan keberlanjutan rating Gold tahun ini diberikan kepada 32 organisasi/perusahaan yaitu PT ABM Investama Tbk, Bank Asia Limited, PT Bank BTPN Syariah Tbk, PT Bank BTPN Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten, Tbk., PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk..

Kemudian PT Bio Farma (Persero), BPJS Ketenagakerjaan, PT Bukit Asam Tbk, PT BUMI Resources Tbk., PT Indo Tambangraya Megah Tbk, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., MERALCO, PT PELNI (Persero), PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), PT Perkebunan Nusantara X, PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP Cepu, PT Pertamina Gas, PT Pertamina Hulu Energi ONWJ (PHE ONWJ), Petrochina International Jabung Limited, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), SKK Migas, SM Investments Corporation, Star Energy (Kakap) Ltd, Star Energy Geothermal Wayang Windu Ltd, PT Timah Tbk, PT United Tractors Tbk, PT Vale Indonesia Tbk, and PT XL Axiata Tbk.

Kemudian laporan keberlanjutan rating Silver tahun ini diberikan kepada 3 perusahaan yaitu PT Astra International Tbk, Danone Specialized Nutrition Indonesia dan PT PP Properti Tbk. Sedangkan rating Bronze diraih oleh 4 perusahaan yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk, PT Elnusa Tbk and PT Pengembang Pelabuhan Indonesia.

Selanjutnya, Eko menerangkan bahwa juri akan memberikan score card dan rekomendasi kepada seluruh peserta. “Diharapkan mereka menindaklanjuti rekomendasi juri sehingga peringkat laporan tahun yang akan datang meningkat” jelas Eko. (azk/cor)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03