29 April 2024 - 18:44 18:44

Negara yang Lebih Dulu Berikan Hukuman Kebiri Kimia

WartaPenaNews, Jakarta – Terpidana M Aris dijatuhi hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsisder enam bulan pidana kurungan dan penambahan hukuman berbentuk kebiri kimia. Vonis dari Pengadilan Negeri Mojokerto itu diberi karena pemuda 20 tahun itu dapat dibuktikan mencabuli sembilan bocah belia di Mojokerto sejak 2015-2018.

Aris jadi predator seksual pertama yang akan dikebiri kimia di Indonesia sejak disahkannya Undang-undang (UU) No 17 Tahun 2016 tentang Penentuan Ketentuan Pemerintah Alternatif UU No 1 Tahun 2016 tentang Pergantian Ke-2 Atas UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Jadi UU.

Tetapi sampai sekarang belum ada rumah sakit di Mojokerto yang ingin melakukannya. Faktanya, sarana untuk menyelesaikan vonis itu belum ada.

Masalah vonis kebiri kimia ini juga memetik masalah. Bahkan juga Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menolak jadi pelaksana eksekusi terpidana kebiri kimia. Masalahnya kebiri kimia bukan layanan medis dan mereka memiliki kaidah dan sumpah karier. Belum juga resikonya dalam periode panjang yang dapat diakibatkan.

“IDI tidak ingin jadi pelaksana eksekusi. Kami sudah pernah tawarkan hukuman penambahan kurungan badan dan kerja sosial sekaligus juga dilakukan rehabilitasi fisik dan mental,” kata Ketua Biro Hukum dan Pembinaan Anggota IDI dr HN Nazar dalam acara Indonesia Lawyers Klub di tvOne, Selasa malam, 26 Agustus 2019.

Walau terbilang baru di negeri ini, tetapi hukuman kebiri ternyata sudah diresmikan di sejumlah negara di dunia. Dari sejumlah sumber, berikut ini lima negara yang sudah mengaplikasikan hukuman kebiri kimia.

1. Amerika Serikat

John Money merupakan masyarakat Amerika pertama yang divonis dengan hukuman kebiri kimia karena kejahatan pedofil pada 1966. Sesaat California jadi negara sisi pertama di Amerika Serikat (AS) yang menetapkan hukuman kebiri kimia buat predator seks anak.

Kemudian, negara sisi lain di negeri Abang Sam itu juga menetapkan hukuman yang sama buat kejahatan seks anak dibawah umur 13 tahun. Mereka, yaitu Florida, Georgia, Lowa, Louisiana, Montana, Oregon, Texas, Winconsin dan yang modern ialah Alabama pada Juni lalu.

2. Rusia

Negara Beruang Putih ini sudah menetapkan hukuman kebiri kimia pada Oktober 2011 lalu. Hukuman itu diserahkan kepada penjahat seks pada beberapa anak dibawah umur 14 tahun.

3. Korea Selatan

Korea Selatan mengaplikasikan hukuman kebiri kimia pada Juli 2011. Negeri Ginseng ini jadi negara Asia pertama yang mengaplikasikan hukuman kebiri kimia buat pelaku kejahatan seksual. Bahkan juga pada 2017 lalu, pemerintah yang di dukung golongan aktivis memungkinkan hukuman itu diserahkan kepada pelaku pemerkosaan, kekerasan seksual pada wanita sampai eksperimen pemerkosaan.

4. Kazakhstan

Kazakhtan memperkenalkan peraturan baru tentang kebiri kimia pada awal 2018. Kebiri kimia dilakukan dengan mengunakan cyproterone untuk mengurangi libido dan aktivitas seksual. Tidak hanya dikebiri, pelaku pedofil di negera ini diberi hukuman penjara selama 20 tahun.

5. Inggris

Negara Ratu Elizabeth mulai mengenalkan hukuman kebiri kimia pada tahun 2007. Serta sampai Februari tahun ini, ada sekitar 120 pelaku pelecehan seksual melakukan therapy untuk mengurangi hasrat seksualnya.

Satu diantara aplikasi hukuman kebiri di negeri ini yang benar-benar menghebohkan ialah yang dilakukan pada penemu komputer Alan Turing. Ia dikebiri kimia karena penyelewengan seksual. Karena dampak dari kebiri kimia itu, Turing mengalami stres dan pilih bunuh diri dua tahun setelah jalani hukuman itu. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03