29 April 2024 - 05:16 5:16

Ngeri, Es Krim China Terkontaminasi COVID-19

WartaPenaNews, China – Es krim di China ditemukan terkontaminasi COVID-19. Tiga sampel dinyatakan positif terinfeksi virus itu. Sampel telah dikirim ke pusat pengendalian penyakit (CDC) awal pekan ini dan investigasi pun telah diluncurkan

Otoritas anti-epidemi di utara Kota Tianjin kini tengah melacak orang-orang yang mungkin pernah melakukan kontak dengan es krim itu. Diketahui, es krim yang diproduksi oleh Perusahaan Makanan Daqiaodao Tianjin, dan semua produk di perusahaan tersebut sekarang telah disegel dan disimpan.

Dikutip dari laman Daily Star dari laporan SkyNews, penyelidikan awal menunjukkan perusahaan memproduksi es krim menggunakan bahan dari Selandia Baru dan bubuk whey yang diimpor dari Ukraina. Dari 2.747 kotak es krim yang berpotensi terinfeksi yang memasuki pasar, hanya 935 kotak yang berada di Tianjin, dengan 65 kotak terjual.

Siapapun yang meyakini bahwa mereka mungkin telah membeli produk tersebut, harus melaporkan kesehatan dan keberadaan mereka. Otoritas regulasi pasar di provinsi lain tempat es krim dikirim juga sudah diinformasikan sehingga bisa dilacak.

Perusahaan es krim itu sekarang mengikuti panduan dari Pusat Pengendalian Penyakit Tianjin yang menyarankan mereka untuk ditempatkan di bawah karantina. Seluruh 1.662 karyawan sekarang diisolasi dan menjalani pengujian asam nukleat.

Ahli virologi Universitas Leeds, Dr Stephen Griffin, mengatakan bahwa kabar itu sebaiknya tak memicu kepanikan. Menurutnya, tim investigas pasti akan segera mengetahui penyebab kontaminasi itu.

“Sepertinya ini berasal dari seseorang, dan tanpa mengetahui detailnya, saya pikir ini mungkin saja. Tentu saja, semua tingkat kontaminasi tidak dapat diterima dan selalu memprihatinkan, tetapi kemungkinan besar ini adalah akibat dari masalah dengan pabrik produksi dan berpotensi turun ke kebersihan di pabrik,” jelas Stephen.

“Tapi, kita tidak perlu panik bahwa setiap es krim tiba-tiba akan terkontaminasi virus corona,” terangnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03