24 April 2024 - 06:35 6:35

Ngopi Cantik dengan Masyarakat Ngada

WartaPenaNews, Jakarta – Bagi Coffee Lovers, menikmati secangkir kopi akan membawa dirinya berpetualang memaknai betapa berharganya sebuah proses dan tradisi.

Inovasi Terbaru Bupati Ngada

Coffee Culture menjadi bagian dari lifestyle pengusaha dan penikmatnya, serta industri pendukung. Pemerintah daerah pun tak mau berdiam diri, mereka mulai melirik komoditas kopi sebagai salah satu produk unggulan yang memiliki daya tarik buat masyarakat internasional.

Seperti yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Ngada, Flores- Nusa Tenggara Timur. Mereka mulai membuat strategi branding untuk mempromosikan kopi
Arabika Flores Bajawa sebagai komoditi unggulan dari Ngada.

Melalui peran Bupati Kabupaten Ngada, Paulus Soliwoa yang bersinergi dengan pemerintah pusat, beragam agenda penting yang telah dan akan dilakukan. Seperti melatih para petani menjadi petani yang handal seputar proses produksi dari hulu ke hilir, diantaranya peremajaan perkebunan kopi dan rehabilitasi tanaman. Serta pengolahan biji kopi hingga siap seduh.

Coffee Exhibition yang dikemas dalam sebuah acara menarik, mengajak masyarakat luas untuk larut dalam “Malam Pesona Ngada dan Pikat Aroma Kelezatan Kopi Arabika Flores Bajawa, Siap Taklukan Dunia”, pekan lalu di Balai Kartini Jakarta.

Perayaan coffee culture untuk brand Bajawa disinergikan dengan beragam obyek dan produk wisata yang menjadi daya tarik Ngada, terutama di mata internasional.
Ragam wisata air, seperti air terjun dan alam bawah laut sangat memesona, keelokan tenun ikat dari Kabupaten Ende menjadi wastra yang paling banyak dicari.
Gerakan massal para penari Ja’i nan elok dan dinamis sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan, menyambut kehadiran para tamu.

Aroma sedap kopi Arabika Flores Bajawa membawa malam, serasa menerbangkan para tamu ke Bumi Timur yang indah. Menjadikan malam yang panjang terasa indah dari biasanya.

Speciality Coffee Dari Unsur Hara Di Atas Ketinggian

Bajawa merupakan Ibukota Kabupaten Ngada, memiliki arti piring perdamaian, dan merupakan sebuah kota yang dijadikan simbol persatuan keseluruhan wilayah Flores.
Sejak lama, kota Bajawa yang berudara sejuk dikenal sebagai pusat perkebunan kopi yang menghasilkan produk kopi berkualitas tingkat dunia.

Kopi dibudidayakan secara maksimal dengan area perkebunan berlokasi di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.  Unsur hara berupa abu dari gunung berapi yang terkandung di dalam tanah menghasilkan jenis kopi berkualitas tinggi.

Kopi Arabika Flores Bajawa merupakan kelompok speciality coffee karena kualitas dan keunikan rasanya. Selain digemari masyarakat Indonesia, masyarakat Eropa dan Amerika, menjadi penikmat setia kopi yang identik dengan karakter aroma bunga, rasa manis dan asam. Atau perpaduan aroma nutty dengan tembakau.

Body-nya tebal (mengacu kepada tekstur kopi yang cenderung kental) dengan acidity (tingkat keasaman) yang sedang. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03