29 April 2024 - 11:16 11:16

NU Ingatkan Capres Tidak Gunakan Politik Identitas di Pilpres 2024

Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf. Foto: PBNU

IPOL.ID – Isu politik identitas masih menjadi yang utama dalam pertemuan NU dan Muhammadiyah. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) berpesan capres untuk menghindari politik identitas di Pilpres 2024.

Termasuk, menggunakan identitas NU untuk mendongkrak elektabilitas. “Kita tidak mau ada politik berdasarkan identitas Islam, bahkan kita tidak mau ada politik berdasarkan identitas NU. Jadi kami tidak mau ada kompetitor pilih orang NU,” ujar Gus Yahya diamini Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (25/4).

Gus Yahya mengungkapkan, dalam pandangan PBNU politik identitas adalah politik yang hanya menyandarkan penggalangan dukungan berdasarkan identitas primordial saja. Politik identitas membuat pasangan capres-cawapres hanya menggunakan identitas primordial untuk memenangi kontestasi, tanpa menawarkan program-program rasional dan hal-hal lebih visioner.

“Kami memandang politik identitas ini berbahaya bagi masyarakat secara keseluruhan karena itu akan mendorong perpecahan di masyarakat,” tandas Gus Yahya.

Mantan anggota Watimpres ini mengingatkan agar umat dan agama diseret dalam pesta demokrasi. Menurut dia, para pasangan capres-cawapres perlu mengedepankan program dan agenda dalam kompetisi Pilpres 2024.

“Kalau mau bertarung harus dengan tawaran rasional, ini yang kami harapkan. Saya sering katakan bahwa kita tidak mau ada politik berdasarkan identitas Islam,” pungkas Gus Yahya.(Sofian)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

01
|
29 April 2024 - 09:12
Diduga Korban Pengeroyokan, Mayat Pria Penuh Luka Mengapung di Sungai Kedungsiling

WARTAPENANEWS.COM – Mayat laki-laki ditemukan mengapung di Sungai Kedungsiling, perbatasan Kecamatan Gunungpati – Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Polisi menemukan sejumlah bukti awal, laki-laki yang tewas itu adalah korban pengeroyokan. Korban

02
|
29 April 2024 - 08:11
Protes Perang Israel, 900 Mahasiswa Pro-Palestina di Amerika Serikat Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM – Kampus-kampus di Amerika Serikat terus menggelar aksi protes pro-Palestina yang menuntut pemutusan hubungan keuangan dengan Israel akibat perang di Gaza. Pihak kampus semakin terdesak karena upacara wisuda yang

03