19 April 2024 - 22:46 22:46

Nyerah Juga, Trump akhirnya Mau Bermitra dengan China Soal Vaksin

donald trump

WartaPenaNews, Washington – Sikap keras kepala Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kepada China akhirnya melunak. Trump menyatakan bersedia bermitra dengan China atau negara lainnya untuk membawa vaksin Corona ke Amerika Serikat.

“Kami bersedia bekerja sama dengan siapa pun yang akan memberi kita hasil yang baik,” kata Trump seperti dilansir Reuters.

Trump mengatakan itu saat ditanya apakah pemerintah AS akan berkolaborasi dengan China mengenai vaksin untuk warga Amerika, terlepas dari China menjadi yang terdepan atau tidak dalam mengembangkan vaksin tersebut.

Pernyataan itu muncul sehari setelah para peneliti mengatakan vaksin COVID-19, yang dikembangkan oleh CanSino Biologics Inc bersama unit riset militer China, tampaknya aman dan memberikan respons imun pada sebagian besar penerimanya dalam studi tahap menengah yang diawasi secara cermat.

Calon vaksin CanSino merupakan satu dari segelintir vaksin yang menunjukkan beberapa hasil yang menjanjikan pada pengujian awal manusia. Calon lain yang akan memasuki tahapan tersebut di antaranya vaksin dari Moderna Inc, yang berbasis di AS, dan BioNTech SE Jerman, dalam kemitraan dengan produsen obat Amerika Pfizer Inc..

Data dari uji klinis tahap menengah calon vaksin yang dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Oxford dan perusahaan Swedia-Inggris AstraZeneca (AZN.L) juga dirilis pada Senin (20/7).

Trump sudah lama menyalahkan China, yang dianggap tidak becus menangani pandemi virus corona yang kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Amerika Serikat.  Virus ini kemudian menyebabkan lebih dari 140.000 warga Amerika meninggal.

“Saya rasa kita akan memiliki beberapa hasil yang sangat baik. Kita sudah dalam pengujian. Tak seorang pun tadinya berpikir bahwa itu akan mungkin,” kata Trump.

“Saya rasa kita akan melihat sesuatu selama periode waktu yang cukup singkat selanjutnya – mungkin periode waktu yang sangat singkat, terkait pengobatan dan vaksin yang sangat baik,” katanya. (wsa/ant/rtr)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03